Wednesday, August 31, 2022

Figur Yang Bisa Diandalkan dan Dipercaya (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

(sambungan)

 Mari kita lihat lanjutannya. "Itulah sebabnya oleh Dia kita mengatakan "Amin", untuk memuliakan Allah." Jadi, untuk apa kita mengatakan amin? Jawabannya: untuk memuliakan Allah. Memuliakan Allah, karena semua janji Allah itu ada jaminan kepastian lewat atau dalam Yesus.

Ada ayat lain yang menegaskan demikian: "Allah bukanlah manusia, sehingga Ia berdusta bukan anak manusia, sehingga Ia menyesal. Masakan Ia berfirman dan tidak melakukannya, atau berbicara dan tidak menepatinya?" (Bilangan 23:19). Ayat ini dengan tegas menggambarkan jatidiri Allah yang jelas bukan seperti manusia yang bisa ingkar janji, melanggar atau tidak menepati. Bagaimana mungkin Tuhan Yang Maha Kuasa berfirman lalu melanggarnya? Itu tentu bukan karakter atau sifat Tuhan. Dia tidak akan pernah melakukan itu. When God promises, God fulfills.

Apa yang Tuhan rancangkan bagi kita adalah "rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan" seperti yang tertulis dalam Yeremia 29:11. Sejak penciptaan langit dan bumi, rancanganNya selalu seperti itu. Karenanya, dalam menghadapi permasalahan apapun, peganglah erat-erat janjiNya, dan percayalah dalam Yesus ada jaminan kepastian akan hal itu.

Ayat yang saya bahas hari ini berkali-kali menguatkan saya saat saya sedang ditekan oleh kesulitan yang kalau mau dituruti bisa melemahkan iman saya. Saya tidak mau berdoa tanpa disertai keyakinan. Keyakinan bahwa Tuhan tahu pergumulan saya, keyakinan bahwa Tuhan peduli, keyakinan bahwa Dia sanggup dan berkenan untuk mengulurkan tanganNya. Saya berpikir akan lebih baik jika saya tidak berdoa saja daripada saya berdoa tanpa disertai keyakinan. Lebih baik saya skip daripada saya mengatakan dalam nama Yesus di akhir doa lantas ditutup dengan Amin, tapi tidak ada efeknya sama sekali buat batin saya, karena itu artinya sama saja saya tidak percaya pada jaminan kepastian dalam Yesus dan tidak memuliakanNya. Masalah akan selalu ada, percayakah kita bahwa kita punya Figur yang bisa diandalkan dan dipercaya? Do we see Him as reliable and believable Figure just yet?

Dalam Yesus ada jaminan kepastian, ucapan Amin adalah ekspresi memuliakan Allah  

 

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker