Thursday, August 11, 2022

Waktu dan Mengerti Kehendak Tuhan (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 

 

(sambungan)

Hal yang pertama saya ingin ajak untuk cermati adalah bagaimana Paulus mengaitkan perihal "menggunakan waktu" dengan "mengerti kehendak Tuhan". 

Dunia mengajarkan kita mirip-mirip dengan peribahasa 'time is money' alias 'waktu adalah uang', Tujuannya sama agar kita menghargai waktu dan tidak membuangnya sia-sia. Tapi kalau dunia hanya sampai sebatas menghargai waktu seperti kita menghargai uang, Paulus mengacu pada hal yang jauh lebih esensial yaitu agar kita bijak menggunakan waktu agar kita mengerti apa yang menjadi kehendak, rencana atau rancangan Tuhan atas setiap kita. Masalahnya, bagaimana kita bisa mengerti kehendak Tuhan atas kita kalau tahu saja tidak atau belum? Kalau tahu dan mengerti saja belum, apalagi melakukannya. Sementara waktu berjalan sangat cepat. Apa sebenarnya panggilan dalam hidup setiap kita? Apakah kita sudah tahu, dan sejauh mana kita sudah mengerti?

Menghargai waktu seperti menghargai uang, itu baik. Tapi akan jauh lebih baik jika kita menghargai waktu lebih jauh hingga sampai kepada pemahaman akan betapa pentingnya untuk mengerti kehendak Tuhan dalam hidup kita.

Kembali kepada rangkaian ayat Efesus 15:17, ada tiga poin penting yang saling berkaitan yang penting untuk kita pelajari.

1. Perhatikan dengan seksama bagaimana kamu hidup


Dalam versi lain dikatakan: "Pay care attention, then, to how you walk. Perhatikan benar-benar bagaimana kita melangkah dalam hidup. Hidup itu adalah sebuah rangkaian sekuens. Satu langkah yang salah akan mengarah pada kesalahan berikutnya, sehingga saat salah langkah terus terjadi kita pun akan makin jauh dari rencana atau rancangan Tuhan atas hidup kita. Kalau sudah begitu, bisa dibayangkan berapa banyak waktu yang terbuang. Jadi kita perlu memperhatikan betul-betul. Bukan sekedar saja, tapi dengan seksama. Not just pay attention, but pay care attention. Apakah kita sudah memperhatikan benar-benar bagaimana kita hidup, atau masih on and off, atau malah belum kepikiran, ayat ini mengingatkan kita untuk benar-benar melakukan itu dengan seksama, dengan perhatian penuh dan serius, selagi waktu dan kesempatan masih ada.

2. Pergunakanlah waktu yang ada

Make the most of the time,  Make the best use of our time. Jangan buang waktu sia-sia, jangan salah fokus dalam hidup, jangan salah mengambil prioritas. Kita harus memperhatikan baik-baik penggunaan waktu kita. Kenapa? Kata Paulus, karena hari-hari ini adalah jahat. Because the days are evil. Masa-masa sukar, pergaulan yang salah, pengajaran-pengajaran atau doktrin yang menyesatkan, pola pikir atau paradigma yang bertentangan denagn prinsip kebenaran ada di mana-mana di sekeliling kita. Jika tidak hati-hati, kita bisa terseret kedalamnya dan semakin jauh dari apa yang sebenarnya menjadi kehendak Tuhan. 

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker