Friday, August 12, 2022

Waktu dan Mengerti Kehendak Tuhan (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Saya bukan sedang mengajak teman-teman untuk hidup di awang-awang atau menjadi orang aneh bak orang planet lain di dunia ini. No. Tapi yang saya ajak adalah agar kita paham betul apa yang diajarkan Tuhan lewat Firman-FirmanNya sehingga kita tahu mana yang boleh atau bisa kita lakukan mana yang tidak. Karena apabila kita tidak tahu tentang kebenaran, saat kita tidak tahu apa saja yang menjadi larangan, kita bisa terbawa oleh berbagai arus kesesatan baik yang terang-terangan maupun tersirat, baik yang lewat perbuatan maupun ada dalam bentuk pola pemikiran. Karena itu akan sangat baik jika kita mempergunakan waktu yang ada untuk menggali Kitab Suci kita untuk mengetahui setiap kebenaran, larangan, peringatan dan nasihat yang berasal dari Kerajaan Allah.

3. Usahakanlah untuk mengerti kehendak Tuhan

Kita sudah tahu bahwa waktu harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Pertanyaan berikutnya: untuk apa waktu seharusnya digunakan? Paulus dengan jelas mengatakan seharusnya waktu itu dipakai untuk mengerti kehendak Tuhan. Waktu hendaknya digunakan untuk mencari tahu apa kehendak Tuhan dalam hidup kita, lalu kita hidupi dengan sebaik-baik yang kita sanggup.  Jika kita hanya melewati hari demi hari dengan melakukan hal-hal yang diluar kehendak Tuhan, itu hanya akan membuat kita gagal menuai rencanaNya yang terbaik, alias membuat hidup kita jadi sia-sia. Kita hanya buang waktu, buang tenaga, buang uang, dan tidak dapat apa-apa. Kalaupun masih dapat sesuatu, itu tidak akan sebaik apa yang Tuhan rancangkan bagi hidup kita masing-masing.

Bagaimana kalau sekarang kita masih belum mengerti apa kehendak Tuhan dalam hidup kita? Tuhan mau kita jadi apa, menjadi berkat dimana, mengusahakan apa? Tidak apa-apa. Tapi kita harus terus berusaha, we have to keep tryting. Paulus mengatakan: "usahakanlah". Berusahalah terus untuk mengetahui apa yang Tuhan mau dalam hidup kita. Lalu setelah mengetahui, usahakanlah untuk mengerti sedalam-dalamnya. Kemudian lakukan dan hidupi dengan sebaik-baiknya. Pergunakan waktu-waktu yang ada untuk itu. Itulah yang Paulus bilang sebagai sikap hidup yang arif, bijaksana, tidak bebal dan tidak bodoh.

Ada korelasi antara "menggunakan waktu" dengan "mengerti kehendak Tuhan". Kita harus memanfaatkan waktu dengan bijak, jangan membuang-buangnya sia-sia untuk berbuat segala sesuatu yang baik, benar dan bermanfaat. Tapi jangan berhenti disitu karena kita harus sampai pada level dimana kita menempatkan pentingnya untuk mengetahui kehendak Tuhan sebagai sesuatu yang penting. Waktu berjalan dengan cepat dan tidak bisa diputar balik. Time wait for nobody. Mari kita pergunakan setiap waktu dengan bijak dengan titik pemberatan pada kerinduan kita untuk mengetahui kehendakNya.


Remember, It IS very important to make the best use of the time given to us

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker