Thursday, August 4, 2022

Worry Often Gives a Small Thing Big Shadow (2)

webmaster | 7:00:00 AM |

 

(sambungan)

Worry, Stress, Fear. Ketiga hal ini memang rada mirip alias beda tipis. Menurut Pastor Chuck, tiga hal inilah tersangka yang seringkali merampas sukacita kita. Dan untuk mengalahkannya, ia menganjurkan kita untuk mengimani keyakinan Paulus akan penyertaan Tuhan seperti yang disebukan dalam kitab Filipi. "Akan hal ini aku yakin sepenuhnya, yaitu Ia, yang memulai pekerjaan yang baik di antara kamu, akan meneruskannya sampai pada akhirnya pada hari Kristus Yesus." (Filipi 1:6).

Paulus menulis surat yang ditujukan buat jemaat Filipi saat berada di penjara menanti hukuman mati. Ia harus menghadapi itu setelah begitu lama mengabdikan hidupnya untuk mewartakan berita keselamatan. Apa yang ia alami jelas jauh dari menyenangkan bahkan menakutkan. Ia bisa saja merasa tidak diperlakukan adil oleh Tuhan. Tapi Paulus ternyata tidak merasakan itu sama sekali, karena ia berkata, ia  'yakin sepenuhnya' (bukan setengah yakin, bukan mudah-mudahan, tapi sepenuhnya ),  bahwa Tuhan yang sudah memulai sesuatu yang baik bagi kita akan meneruskan sampai pada akhirnya.  Pastor Chuck mengatakan, kalau kita bisa memiliki keyakinan sampai pada level seperti Paulus, kita seharusnya tidak perlu kehilangan sukacita.

Ketiga hal diatas sebenarnya bukanlah sesuatu yang asing dalam hidup manusia. Mulai dari rasa cemas akan hal-hal kecil,  cemas memikirkan masa depan, cemas akan pendapatan yang tidak juga kunjung membaik, atau segala bentuk cemas yang saat ini dihadirkan pandemi yang belum juga sepenuhnya berlalu dan seterusnya.

Lalu stres. Stres saat mengejar pekerjaan agar selesai tepat waktu, stres saat harus menghadapi lebih dari satu problem dalam waktu bersamaan, stres karena pendapatan merosot, stres berada di dekat orang-orang sulit, itu biasa kita alami.

Ada yang takut hantu, takut gelap, takut sendirian, takut di kesunyian, takut akan rasa sakit dan takut-takut lainnya. Ada yang percaya bahwa uang atau harta bisa membuat orang tidak perlu takut lagi. Tapi kenyataannya banyak harta tetap akan memunculkan takut dalam bentuk lain seperti takut kehilangan harta, takut kekurangan, takut pencuri dan seterusnya. Banyak orang yang memelihara atau bahkan memupuk rasa takutnya sendiri, baik sadar atau tidak. 

Ada yang tidak kuasa mengatasi perasaan-perasaannya, memilih menyerah. Mereka lupa bahwa semakin jauh kita membiarkan para perampas sukacita ini ada pada kita, semakin besar pula mereka menguasai kita. Semakin kita biarkan, semakin besar pula bayangan gelap itu menutupi kita. The more we drive into fear, the longer we keep it, the more it consumes us. 

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker