Tuesday, August 9, 2022

Maksud Kemurahan Tuhan (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)



Hendaknya segala kebaikan Tuhan lewat kasih karunia jangan dipakai sebagai kesempatan untuk memperoleh sesuatu demi kepentingan pribadi, sebagai kesempatan untuk berbuat seenaknya di luar kehendak Tuhan, apalagi kalau dimanfaatkan untuk hal-hal yang justru berlawanan dengan Firman Tuhan, tapi hendaknya dipakai sebagai MODAL yang memampukan kita untuk menghidupi kehendakNya. 

Kemurahan-Nya, kesabaran-Nya, kelapangan hati-Nya, semua kasih karunia yang ia berikan bagi kita hendaknya menghasilkan buah Roh, karena sejatinya baik tidaknya sebuah pohon akan tergantung dari buah-buah yang dihasilkan. Apa saja buah Roh itu? "... buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri." (Galatia 5:22-23a). Proses pertobatan dan pertumbuhan iman kita harus terus dikerjakan hingga kita bisa menghasilkan buah-buah Roh seperti yang dinyatakan dalam ayat Galatia ini.

Jadi jelaslah bahwa kasih karunia bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan panjang kita menuju proses keserupaan dengan Kristus.

Tentu saja proses yang harus dijalani tidak mudah. Dan, pasti butuh waktu untuk berproses. Usaha, seringkali butuh pengorbanan. Itu juga betul. Tapi lagi-lagi, kasih karunia seharusnya memberi awal yang baik, membantu dan memampukan kita untuk berproses. Yang dituntut dari kita adalah komitmen untuk memulai dan menjalani proses dengan serius.

Lantas bagaimana kalau kita sudah berusaha tapi belum berhasil? It's okay, asal terus dikerjakan dan diseriusi dengan sungguh-sungguh. Proses menuju keserupaan dengan Yesus menjadi goal bagi kita orang percaya, yang hendaknya menjadi penekanan penting dalam perjalanan hidup kita. Kita bisa mengisinya dengan target pencapaian dan terus meningkat lagi lebih jauh.

Jadi, apakah kita harus bersukacita atas kasih karunia? Tentu saja.  
Apakah kita harus bersyukur atas kasih karunia? Most definitely.
Tapi apakah kita boleh take it for granted? Memanfaatkan itu demi keuntungan pribadi kita? Menjadi sombong atasnya, dan menggunakan itu untuk hal-hal yang salah menurut prinsip Kerajaan Allah? Absolutely not.

Kita boleh berharap akan kekayaan kemurahan Tuhan, kesabaran dan juga kelapangan hatiNya. Tapi jangan pernah sepelekan atau manfaatkan untuk tujuan-tujuan yang buruk, melainkan pandanglah semua itu sebagai modal awal yang bisa menuntun kita menuju pertobatan. Dari pertobatan menuju pertumbuhan, dan kemudian menjadi pelaku-pelaku Firman Tuhan. Semoga kemurahan Allah selalu melimpahi kita, dan semoga kita terus tekun berproses agar semakin serupa dengan Kristus.

If we are not changed by grace, we are not saved by grace



No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker