Tuesday, August 2, 2022

Sinyal Terhalang (2)

webmaster | 7:00:00 AM |

 

(sambungan)

Bukankah berbohong, gosip dan curang sudah merupakan hal yang lumrah ditengah masyarakat sekarang ini? Kita pikir kita hebat karena tidak pernah membunuh, mencuri atau merampok, tetapi dengan terbiasa untuk tidak menjaga mulut dan pikiran kita itu pun sebenarnya sama bahayanya. Kesalahan yang kita anggap sepele seperti ini sebenarnya cukup punya kekuatan untuk membuat Tuhan memalingkan mukanya dan menolak mendengar doa kita.

Selain soal gosip atau berbohong yang kelihatan seperti sepele tapi tetap berbahaya, jangan abaikan perasaan tertuduh dalam hati nurani kita apabila kita melakukan dosa. Yohanes mengatakan, "Saudara-saudaraku yang kekasih, jikalau hati kita tidak menuduh kita, maka kita mempunyai keberanian percaya untuk mendekati Allah, dan apa saja yang kita minta, kita memperolehnya dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya." (1 Yohanes 3:21-22). Agar kita tidak menjadi terdakwa lewat penghakiman hati nurani, berjalanlah dengan bersih. Jangan biarkan kecurangan sekecil apapun mendapat pembenaran dalam pemikiran kita.

Tuhan selalu menguji hati kita, apakah sudah bersih atau masih terdapat noda-noda kotor yang bisa menyekat laju doa kita untuk sampai ke hadiratNya. Tidak bisa tidak, kebersihan dan kemurnian hati sungguh penting untuk diperhatikan sebelum kita mendatangi Tuhan baik lewat doa dan puji-pujian. Yesus sendiri sudah bersabda: "Sebab itu, jika engkau mempersembahkan persembahanmu di atas mezbah dan engkau teringat akan sesuatu yang ada dalam hati saudaramu terhadap engkau, tinggalkanlah persembahanmu di depan mezbah itu dan pergilah berdamai dahulu dengan saudaramu, lalu kembali untuk mempersembahkan persembahanmu itu." (Matius 5:23-24). 

Ganjalan apapun yang ada dalam hati kita, misalnya ketika kita masih menyimpan kebencian atau sekedar belum membereskan masalah yang mengganjal dengan orang lain akan mampu menghambat kelancaran doa kita. Itulah sebabnya Yesus mengingatkan kita agar segera membereskan semua ganjalan terlebih dahulu sebelum kita datang kepada Tuhan. Diluar semua substansi buruk yang kita simpan dalam hati seperti kejahatan, mengampuni dan berdamai dengan orang yang memiliki masalah dengan kita menjadi sebuah keharusan yang tidak bisa ditawar apabila kita ingin doa kita mengalir mulus kepada Tuhan.

Pastikan sinyal dengan Tuhan jangan sampai terhalang

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker