Wednesday, August 17, 2022

Kontribusi Nyata Demi Bangsa (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Yeremia 29:7
=================
"Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu."

Bagaimana kondisi negara kita pada saat ini, terlebih setelah pandemi menghantam seluruh sendi-sendi negara dan bangsa, dan hingga kini masih juga belum usai? Bagaimana dengan ancaman disintegrasi bangsa yang masih menjadi hal penting untuk ditangani? Intoleransi? Kekerasan? Ketidakadilan? Kesenjangan? Stabilitas ekonomi dan peningkatan daya beli? Stabilitas keamanan? Itu mungkin baru sebagian dari masalah yang harus menjadi perhatian serius dan memerlukan penangan yang tak kalah serius. Saya tahu betapa sayangnya Tuhan pada bangsa dan negara ini, karena dengan segala permasalahan yang terjadi, kita masih bisa berdiri hari ini meskipun mungkin tidak sekokoh sebelum malapetaka pandemi. Saya tidak bisa membayangkan apa jadinya jika kita dipimpin oleh figur lain saat bencana ini terjadi, dan saya tidak bisa juga membayangkan betapa beratnya para pemimpin kita membenahi kondisi carut-marut di berbagai lini dan dimensi, dan kalau menyadari luas negara dengan banyak pulau dengan segala keragamannya.

Jika kita merasa bahwa masih ada banyak yang harus diusahakan, diperbaiki dan ditingkatkan, dimana peran kita, orang percaya sebagai bagian dari anak bangsa? Apa yang bisa kita lakukan, apa kontribusi yang bisa kita tawarkan? Puji Tuhan bagi teman-teman yang sudah berkontribusi nyata bagi bangsa, dan buat yang belum, mari pikirkan ini. Kalau ada yang berpikir: "ah, ngapain dipikir, satu orang aja nggak bakal ngefek. Percuma", dan itu dijadikan alasan untuk apatis saja, itu tentu pemikiran egois yang keliru. Bagaimana kalau semua orang berpikir begitu, alias satu dikali ribuan orang yang berpikiran sama? Sebaliknya, jika semua orang percaya menyadari pentingnya untuk berkontribusi nyata bagi bangsa ini baik lewat pikiran dan tenaga, yang bersumber dari hati yang tulus dan takut akan Tuhan, anda bisa bayangkan betapa besar dampak positif yang bisa ditimbulkan. Tapi apa? What can we exactly do, what should we think on this matter? Apa landasan pemikirannya kalau mengacu pada Firman Tuhan? Di saat kita merayakan hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke 77, saya ingin mengangkat hal ini yang mudah-mudahan bisa jadi berkat buat teman-teman sekalian.

Mari kita baca dan renungkan dengan sungguh-sungguh dengan ayat berikut:

"Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu." (Yeremia 29:7).

Ayat ini singkat, tapi ada banyak yang bisa kita gali untuk mendapatkan gambaran detail dan mendalam daripadanya.

Pertama, dari segi urutan. Firman Tuhan berkata: "Usahakanlah kesejahteraan kota dimana kamu Aku buang, DAN berdoalah untuk kota itu." Kata "dan" disana menunjukkan adanya dua aktivitas berbeda namun saling berhubungan atau berkaitan.

"Usahakanlah kesejahteraan kota", itu ditempatkan di depan kata "berdoalah untuk kota itu", dan bukan sebaliknya.

Jadi itu artinya, terlepas dari panggilan kita sebagai anak Tuhan untuk secara rutin memanjatkan doa syafaat atas kota, bangsa dan negara kita, termasuk para pemimpin, adalah sangat penting bagi kita untuk melakukan sesuatu secara nyata demi kesejahteraan kota dimana kita tinggal. Begitu penting, sehingga kata 'mengusahakan' diletakkan di awal sebelum kata 'berdoa'.

Sayang sekali tidak banyak gereja yang tergerak untuk keluar dari balik dinding-dindingnya untuk menjangkau kehidupan di luar tembok gereja dengan melakukan sesuatu secara nyata. Tapi yah... mendoakan tentu jauh lebih mudah untuk dilakukan karena tidak perlu repot-repot mengeluarkan tenaga dan biaya. Cukup berkumpul dalam ruangan ber AC, aman dari gangguan, suasana nyaman, lantas urusan dianggap selesai. Selain gereja, para orang percaya pun banyak yang berpikiran sama. Kalaupun kerja, itu cuma atas dasar memenuhi kebutuhan alias mencari nafkah, bukan untuk memberkati kota agar sejahtera.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker