Monday, October 30, 2017

Tertindas Itu Baik? (2)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Pemazmur menyadari bahwa berada dalam posisi tertindas itu bukan berarti bahwa itu adalah akhir dari segalanya, tapi justru semua itu merupakan waktunya untuk belajar ketetapan-ketetapan Tuhan, mengalami pembentukan karakter agar lebih dewasa/matang, menyadari bahwa ia harus belajar untuk mengandalkan Tuhan dan berhenti bergantung pada kekuatan manusia yang terbatas, menjadi pribadi yang benar di hadapan Tuhan, bukan lagi on and off benarnya atau malah terus menyimpang.

Tertindas itu ternyata ada sisi baiknya. Rasa sakit ternyata bisa membuat kita belajar banyak hal, mendewasakan dan membentuk karakter yang jauh lebih kuat dan bijaksana dari sebelumnya. Seringkali manusia dengan segala kebandelannya harus belajar lewat rasa sakit untuk akhirnya bisa mengerti. Orang tidak akan bisa naik sepeda dengan baik dan hati-hati kalau belum pernah terjatuh, orang sulit menghargai kesehatan sebelum merasakan sakit. Kita tidak tahu perihnya terbakar kalau belum merasakan panasnya api. Jadi ada waktunya kita memang perlu merasakan rasa sakit, penderitaan dan penindasan, sehingga kita bisa menghargai yang namanya kebahagiaan dengan baik. Ada banyak pelajaran yang hanya bisa kita peroleh melalui masa-masa sukar dimana Tuhan memakai keadaan itu untuk mengoreksi dan merekonstruksi diri kita agar makin baik, taat pada kehendakNya.

Saat mengalami bukan main sakit rasanya. Itu benar. Kabar baiknya, jangan ragu bahwa kita akan dibiarkan sendirian berada disana. Ketahuilah bahwa Tuhan tidak akan pernah membiarkan kita sendirian melewati penderitaan. Dia senantiasa menyertai kita dalam situasi sesulit apapun kalau kita mau belajar mengandalkanNya. "Sebab TUHAN, Dia sendiri akan berjalan di depanmu, Dia sendiri akan menyertai engkau, Dia tidak akan membiarkan engkau dan tidak akan meninggalkan engkau; janganlah takut dan janganlah patah hati" (Ulangan 31:8). Sewaktu-waktu Dia memberikan kekuatan, ketegaran bahkan kelegaan, sehingga saya bisa melewati proses pembentukan itu sepenuhnya. Tuhan juga sudah berjanji bahwa sekalipun kita harus berjalan dalam lembah kekelaman, gada dan tongkatNya akan selalu beserta kita, menjauhkan kita dari bahaya dan mendatangkan penghiburan (Mazmur 23:4).

Daripada membiarkan masa-masa sulit berjalan sia-sia dan hanya dipenuhi rasa sakit, daripada melawan dan membuat penderitaan hanya akan berjalan lebih lama, mengapa kita tidak segera mempergunakan keadaan tertindas yang penuh penderitaan sebagai sebuah proses untuk belajar patuh mengikuti Firman Tuhan? Lihat apa kata Tuhan ketika hidup kita berkenan padaNya. "TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya." (Mazmur 37:23-24). Cara pandang dalam menyikapi masa-masa sulit, tertekan, tertindas maupun penderitaan lainnya akan sangat menentukan, apakah kita hanya akan menjadikannya sebagai momen kejatuhan kita atau justru kebangkitan kita menuju hari depan yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Bad situations can be a way to experience real victory

Jika ada di antara teman-teman saat ini yang tengah merasakan penderitaan atau berada dalam keadaan tertindas, pergunakanlah itu sebagai momen untuk membentuk diri untuk menjadi pribadi-pribadi pemenang. Tuhan bisa memakai masalah sebagai sarana untuk mengoreksi dan membentuk ulang diri kita. Lewat penindasan atau penderitaan Tuhan bisa mengikis ego kita, membuat kita menjadi pribadi baru yang seturut dengan kehendakNya, yang layak menerima segala yang terbaik dari Tuhan.

Jangan sia-siakan, jangan keraskan hati, jangan melawan, jangan buru-buru negatif apalagi menyalahkan Tuhan. Pada suatu hari nanti, anda akan bersyukur pernah dilatih Tuhan melalui penindasan atau masalah untuk menjadi pribadi yang kuat, tegar dan taat, yang mengalami kasih Tuhan yang luar biasa dalam banyak hal serta memiliki kerinduan pula untuk menjadi umatNya yang mewakili otoritas Kerajaan dalam menyatakan kasih di muka bumi ini.

Don't let a bad situation bring out the worst in you. Choose to stay positive, learn from it and be the strong person that God created you to be

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker