Wednesday, October 25, 2017

Iman, Orang Benar dan Kasih Karunia (2)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Nuh mendapat tugas "aneh" dari Tuhan untuk membangun sebuah bahtera super besar, yang harus mampu memuat seluruh keluarganya beserta sepasang dari segala jenis hewan. Nuh bukanlah seorang tukang kapal, bukan pula tukang kayu. Ia sepertinya bahkan belum pernah melihat kapal sebelumnya. Bisa dibayangkan bagaimana jika kita menjadi Nuh pada saat itu mendapat perintah untuk membangun kapal besar, di usia senjanya. Sebesar apa? Tuhan berikan ukuran detail dan bahannya. "Buatlah bagimu sebuah bahtera dari kayu gofir; bahtera itu harus kaubuat berpetak-petak dan harus kaututup dengan pakal dari luar dan dari dalam. Beginilah engkau harus membuat bahtera itu: tiga ratus hasta panjangnya, lima puluh hasta lebarnya dan tiga puluh hasta tingginya. Buatlah atap pada bahtera itu dan selesaikanlah bahtera itu sampai sehasta dari atas, dan pasanglah pintunya pada lambungnya; buatlah bahtera itu bertingkat bawah, tengah dan atas." (Kejadian 6:14-16).

Ukuran hasta bukanlah ukuran yang lazim kita pakai. Dalam versi BIS ukurannya disampaikan dalam meter. "Kapal itu harus 133 meter panjangnya, 22 meter lebarnya, dan 13 meter tingginya.  Buatlah atap pada kapal itu, dan berilah jarak sebesar 44 sentimeter di antara atap dan dinding-dindingnya. Buatlah kapal itu bertingkat tiga, dan pasanglah sebuah pintu di sisinya." (ay 15-16). 133 meter panjang, 22 meter lebar, 13 meter tinggi. Belum lagi atap dan dinding-dinding untuk menampung ratusan atau mungkin ribuan pasang hewan selain Nuh dan keluarga.

Bayangkan Nuh ditugaskan membangun kapal sebesar itu. Dia harus tebang pohon sendiri, ikat, angkat kayunya, itu sungguh sangat berat. Apa yang dilakukan oleh Nuh? Nuh tidak protes, mengeluh atau kesal. Dia tidak bilang, "Tuhan, yang bener dong, masa saya yang disuruh beginian?" Tidak. Nuh taat melakukan perintah Tuhan tanpa membantah sedikitpun.

Kitab Kejadian dengan jelas mencatatnya. "Lalu Nuh melakukan semuanya itu; tepat seperti yang diperintahkan Allah kepadanya, demikianlah dilakukannya." (Kejadian 6:22). Dan lihat apa kata Tuhan saat bahtera itu selesai. "Masuklah ke dalam bahtera itu, engkau dan seisi rumahmu, sebab engkaulah yang Kulihat benar di hadapan-Ku di antara orang zaman ini." (7:1). Disamping sebuah fakta menyedihkan bahwa Nuh dikatakan satu-satunya kepala keluarga yang benar di hadapan Tuhan di antara begitu banyak manusia pada jaman itu, kita bisa melihat bahwa Tuhan tetap bisa mendeteksi orang yang benar dan memberikan kasih karuniaNya.

Hujan pun turun selama 40 hari dan 40 malam menenggelamkan segalanya. Pada akhirnya, kita mengetahui bahwa Nuh beserta keluarganya diselamatkan. Semua karena Nuh adalah orang benar. Imannya besar dan jelas teruji. Sebelum tugas sangat berat yang sebenarnya mustahil dilakukan oleh pria berumur lanjut seperti Nuh, dia sudah hidup bergaul dengan Allah. Dan saat tugas itu datang, kebesaran imannya pun terbukti. Hubungan dengan Tuhan yang ia bangun sejak awal jelas membawa hasil sangat baik dalam hidupnya beserta keluarga.

Penulis Ibrani menuliskan tentang iman Nuh ini sebagai contoh yang harus diteladani oleh jemaat disana. "Karena iman, maka Nuh--dengan petunjuk Allah tentang sesuatu yang belum kelihatan--dengan taat mempersiapkan bahtera untuk menyelamatkan keluarganya; dan karena iman itu ia menghukum dunia, dan ia ditentukan untuk menerima kebenaran, sesuai dengan imannya." (Ibrani 11:7). Karena iman, Nuh melakukan segala sesuatu yang belum pernah atau bisa dia lihat dengan ketaatan penuh, iman yang dimiliki Nuh membuat ia dinyatakan benar di hadapan Tuhan, dan karenanya ia dan seisi rumah diselamatkan. Dengan kata lain, Ketaatan Nuh berasal dari imannya, dan karena imannya itulah ia diperhitungkan Tuhan sebagai orang yang benar.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker