Sunday, October 15, 2017

Membangun Kekuatan Roh Lewat Doa (2)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Dari mana kita tahu bahwa roh yang luar biasa itu merupakan hasil dari kekuatan doa? Kita bisa melihatnya dari gaya hidup Daniel yang sangat dipenuhi doa. Lihatlah ayat berikut. "Demi didengar Daniel, bahwa surat perintah itu telah dibuat, pergilah ia ke rumahnya. Dalam kamar atasnya ada tingkap-tingkap yang terbuka ke arah Yerusalem; tiga kali sehari ia berlutut, berdoa serta memuji Allahnya, seperti yang biasa dilakukannya." (Daniel 6:11). Ayat bacaan kita hari ini menyatakan bahwa Daniel secara rutin berdoa tiga kali sehari. Apakah Daniel punya banyak waktu luang atau tidak banyak kerjaan sehingga ia punya waktu untuk berdoa tiga kali dalam sehari? Jabatan yang ia pegang jelas bukan main-main, bukan sesuatu yang ringan. Saya yakin ia sangat sibuk mengurusi 120 wakil raja yang tersebar di seantero negeri. Wah, itu pekerjaan berat. Jadi jelas bahwa Daniel tahu pentingnya doa sehingga ia menempatkan pada prioritas yang tidak bisa diganggu oleh kesibukan apapun.

Gaya hidupnya yang dipenuhi doa membuat rohnya kuat, sehingga Daniel pun menjadi figur penting dalam empat kali pergantian raja. Seperti biasa, saat ada orang yang berprestasi luar biasa, akan muncul orang-orang yang iri dan kemudian berusaha menghancurkan. Dan itulah yang terjadi kemudian. Karena Daniel memiliki posisi penting diatas para wakil dan pejabat lain, merekapun mulai merancang dakwaan untuk menghabisi Daniel. Mereka dikatakan tidak menemukan satupun kesalahan kecuali dalam hal ibadahnya (ay 6).

Jika banyak orang akan ketakutan bahkan bukan tidak mungkin segera mengorbankan imannya agar selamat dari ancaman, Daniel ternyata memiliki reaksi berbeda. Meski hal ibadahnya menjadi titik serang, ia memutuskan untuk tetap melakukan apa yang biasa ia lakukan, yaitu menjaga hubungan dengan Tuhan lewat doa teratur dan rutin. Daniel tidak goyah sedikitpun dan memilih untuk menghadapi bersama dengan Tuhan. Rohnya yang kuat tahu bahwa bersama Tuhan ia pasti bisa mengatasi permasalahan tidak peduli berapa besarnya. Jika dalam ayat di awal kita melihat bahwa Daniel tercatat memiliki roh yang luar biasa, ketika menghadapi masalah serius kekuatan rohnya jelas terbukti. Roh yang kuat milik Daniel tidak bisa digoyahkan oleh ancaman semengerikan apapun, seperti dilemparkan ke dalam gua berisi singa lapar. Dan kita tahu apa hasilnya. Daniel selamat dari terkaman singa di dalam gua, dan akhirnya justru para penuduhnyalah yag binasa dimangsa singa-singa tersebut.

Kita bisa belajar dari Daniel mengenai pembentukan roh yang kuat lewat doa. Apa saja pengaruh luar biasa dari doa sehubungan dengan pembentukan roh yang luar biasa ini? Mari kita lihat satu persatu.

1. Doa mendatangkan hikmat dan pengurapan Allah

Kebiasaan Daniel berlutut dan mencari Tuhan secara rutin dan teratur 3 kali sehari ternyata membawa hikmat dan pengurapan Allah turun atasnya. Hikmat disini bukanlah hikmat yang ada di dunia tetapi merupakan hikmat yang lebih tinggi yaitu hikmat Allah, sebuah hikmat yang berada diatas batas kemampuan pengetahuan kita. Mengandalkan kepintaran, tenaga, kemampuan finansial mungkin bisa mengatasi sebagian masalah. Tapi hikmat Tuhan bisa memberitahu apa yang kita tidak tahu atau mengerti. Hikmat Allah adalah sebuah hikmat yang tidak terbatas melebihi kepintaran manusia.

Dalam hidup kita akan berhadapan dengan begitu banyak hal yang memerlukan pengambilan keputusan. Sekali lagi, kita bisa mengandalkan apa yang kita tahu dan punya saat ini, tetapi akan jauh lebih baik apabila kita bisa mendapatkan hikmat Allah agar apapun yang kita putuskan tidak salah atau melenceng dari prinsip Kerajaan dan rencana Tuhan. Hikmat dan pengurapan Allah yang turun atasnya bukan hanya membuatnya tampil cemerlang dalam posisi penting tapi juga membuat rohnya kuat dalam menghadapi masalah berat yang mengancam nyawanya lewat cara keji. Sepakat dengan rencanaNya, setia menjaga iman dan menghidupi kebenaran, itulah intinya, dan itu bisa kita lakukan jika hikmat dan pengurapan Allah turun atas kita.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker