Friday, June 8, 2018

Ragi Orang Saduki (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

 Lihatlah salah satu contoh saja saat orang Saduki dan Farisi ini merasa berhak untuk menguji Yesus dengan memintaNya memperlihatkan tanda dari sorga dalam Matius 16:1-4. Dan Yesus menjawab bahwa tidak akan ada mukjizat yang perlu diberikan sebagai bukti kepada orang yang jahat dan berdosa, atau angkatan yang jahat dan tidak setia seperti mereka (ay 4). Bagi orang-orang Saduki, Yesus hanyalamh manusia, paling banter guru atau nabi saja. Pengajaran Yesus, mukjizat yang diperbuatNya, pengampunanNya atas dosa dan berbagai hal lain yang membuktikan bahwa Yesus adalah Mesias mereka anggap sebagai hal menyesatkan.

2. Orang Saduki mencoba meniadakan tanda-tanda supranatural , menolak kebangkitan, keberadaan malaikat dan roh

Secara lahiriah mereka beribadah, tapi mereka memungkiri kekuatannya dan mukjizat-mukjizat yang terjadi dari Tuhan. Dalam Kisah Rasul 23:8 dikatakan bahwa orang-orang Saduki menolak untuk percaya tentang adanya kebangkitan, keberadaan malaikat maupun roh. Dengan kata lain, mereka menganggap bahwa beribadah hanya untuk kehidupan yang baik di dunia ini saja. Pergi ke gereja, melakukan perbuatan baik, that's it. Tidak ada kebangkitan, tidak ada malaikat, tidak ada roh. Semua hanyalah tubuh dan jiwa saja. Itu sama saja dengan menolak Roh Kudus.

Paulus dengan tegas membantah hal ini. Dalam suratnya buat jemaat Korintus, ia berkata:

"Jadi, bilamana kami beritakan, bahwa Kristus dibangkitkan dari antara orang mati, bagaimana mungkin ada di antara kamu yang mengatakan, bahwa tidak ada kebangkitan orang mati? Kalau tidak ada kebangkitan orang mati, maka Kristus juga tidak dibangkitkan.  Tetapi andaikata Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah pemberitaan kami dan sia-sialah juga kepercayaan kamu. Lebih dari pada itu kami ternyata berdusta terhadap Allah, karena tentang Dia kami katakan, bahwa Ia telah membangkitkan Kristus--padahal Ia tidak membangkitkan-Nya, kalau andaikata benar, bahwa orang mati tidak dibangkitkan. Sebab jika benar orang mati tidak dibangkitkan, maka Kristus juga tidak dibangkitkan. Dan jika Kristus tidak dibangkitkan, maka sia-sialah kepercayaan kamu dan kamu masih hidup dalam dosamu. Demikianlah binasa juga orang-orang yang mati dalam Kristus. Jikalau kita hanya dalam hidup ini saja menaruh pengharapan pada Kristus, maka kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia." (1 Korintus 15:12-19).

Kalau kita menganggap ke gereja atau beribadah cuma urusan moral, kalau pengharapan dalam Kristus cuma untuk urusan duniawi saja, itu artinya kita tidak menerima bahwa Yesus bangkit. Dan kalau kita tidak percaya tentang kebangkitan Yesus, maka kepercayaan kita akan sia-sia saja, dan kita belum ditebus melainkan masih hidup dalam dosa. Dan itu artinya kita adalah orang-orang yang paling malang dari segala manusia. Kenapa paling malang? Karena kita sudah menaruh pengharapan dalam Kristus tapi tercemar ragi Saduki yang membuat pemahaman kita menjadi sesat.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker