Thursday, June 7, 2018

Ragi Orang Saduki (1)

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Matius 16:6
==================
"Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki."

Dalam renungan sebelumnya kita sudah melihat apa saja ragi Farisi itu. Kenapa dikatakan ragi? Karena ragi ini bisa larut dalam adonan-adonan pemahaman orang percaya dan kemudian mengembang di dalam pemahaman, pikiran dan perasaan mereka hingga berabad-abad kemudian. Sayangnya ragi ini bukannya membuat makanan atau minuman menjadi baik untuk dikonsumsi, tetapi akan membusukkan proses pertumbuhan iman kita.

Suatu kali saat Yesus bersama murid-muridNya pergi menyeberang danau, Yesus menyampaikan sebuah pesan. "Yesus berkata kepada mereka: "Berjaga-jagalah dan waspadalah terhadap ragi orang Farisi dan Saduki." (Matius 16:6).

Perhatikan. Seperti kemarin dalam Lukas 12:1, Yesus memberi pesan untuk berjaga-jaga dan waspada terhadap ragi ini bukan kepada orang-orang di luar sana melainkan kepada para murid. Hari ini kita juga berdiri sebagai murid-murid Kristus, sehingga pesan ini pun ditujukan pula buat kita yang hidup pada masa sekarang. Kenapa ditujukan buat kita? Karena ragi ini mulai mengeluarkan mikroorganisme-mikroorganisme pembusuk dan mulai berfermentasi di saat kita tengah serius mengejar pertumbuhan iman. Jangan sampai, pertumbuhan kita yang harusnya baik dalam kebenaran kemudian terkena ragi ini kemudian menjadi busuk hasilnya. Bahayanya, ragi ini seringkali terjadi tanpa kita sadari. Kita pikir kita masih berjalan dalam koridor yang benar, kita masih melakukan kegiatan-kegiatan ibadah dan lainnya yang berhubungan dengan rohani, tapi ternyata paham, pola pikir dan isi hati kita diam-diam sudah terkena ragi yang terus berfermentasi dan mengembang disana.

Sebelum kita lanjutkan pada ragi berikutnya, ada baiknya kita lihat lagi secara ringkas apa saja ragi Farisi itu.
1. Orang Farisi merasa paling benar sehingga berhak menghakimi orang lain
2. Orang Farisi gemar pamer rohani, haus pujian dan penghormatan
3. Lebih mementingkan adat istiadat daripada menyatakan kasih

Ragi-ragi ini mudah muncul di saat kita semakin jauh belajar tentang Firman Tuhan, sehingga semakin jauh kita bertumbuh, semakin waspada pula kita seharusnya.

Hari ini mari kita lanjutkan kepada ragi berikutnya, yaitu ragi orang Saduki.

Siapa orang Saduki itu? Orang Saduki adalah kaum aristokrat  atau bangsawan Yahudi yang berkuasa di Yerusalem, baik di tengah kehidupan sosial kemasyarakatan maupun di dalam bait suci, karena para imam-imam termasuk imam besar juga digolongkan ke dalam kelompok aristokrat ini. Mereka ini suka mencobai atau berusaha menjebak Yesus seperti yang berkali-kali dicatat dalam Alkitab

Apa saja ragi orang Saduki ini dan seperti apa bahayanya sehingga kita harus waspadai sungguh-sungguh? Mari kita lihat beberapa poin berikut.

1. Orang Saduki menolak mengakui Yesus sebagai Anak Allah

Kalau kita lihat dalam Alkitab, orang Saduki bersama-sama dengan orang Farisi ini sangat gemar mencobai Yesus. Mencari-cari kesalahan Yesus menurut kitab yang mereka pegang dan berusaha melawan keberadaan atau jati diri Yesus yang sesungguhnya.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker