Tuesday, June 26, 2018

Penjual Online dan Dokter Muda (3)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Perhatikanlah bahwa Tabita tidak berhenti hanya sebatas pada wacana atau rasa kasihan saja, tetapi bergerak untuk melakukan tindakan nyata dalam menolong orang lain. Ada banyak orang yang berhenti pada wacana, tidak bergerak melakukan secara nyata karena mereka merasa bahwa apa yang akan mereka lakukan itu terlalu kecil. Manusia cenderung mencari yang instan dan besar, tapi melupakan atau mengabaikan yang kecil. Dunia mungkin berprinsip seperti itu, tapi tidak demikian halnya dengan Tuhan.

Apakah Tabita tidak punya kebutuhan yang harus dicukupi sehingga ia rela mengeluarkan uang dan memakai tenaganya untuk menjahitkan baju buat para janda disana, itu bukanlah hal yang penting. Apa yang penting adalah bagaimana ia terjun langsung secara nyata untuk mengalirkan kasih Tuhan kepada orang lain, memberkati orang lain dengan apa yang ia miliki dan apa yang mampu ia perbuat, dan dengan itu ia sudah memberi kesaksian tersendiri sebagai orang percaya, sebagai murid Kristus. Alkitab pun kemudian mencatat kisah tentang dirinya yang hari ini masih bisa kita baca, dan akan terus diketahui orang hingga banyak generasi ke depan, yaitu bahwa di sebuah kota kecil di barat daya Laut Tengah, ada seorang murid Kristus yang berhati mulia bernama Tabita.

Lalu pada suatu ketika Tabita sakit dan ia pun meninggal. Jenazahnya sudah dimandikan dan jasadnya dibaringkan di ruang atas. Terdengarlah kabar bahwa Petrus sedang berada tidak jauh dari kota itu. Dan inilah yang terjadi selanjutnya: "Lida dekat dengan Yope. Ketika murid-murid mendengar, bahwa Petrus ada di Lida, mereka menyuruh dua orang kepadanya dengan permintaan: "Segeralah datang ke tempat kami." (ayat 38). Orang-orang yang mencintai Tabita segera berangkat menuju Lida dan bergegas menemui Petrus untuk memintanya datang.

Mendengar kabar itu, Petrus pun segera bergegas berangkat ke Yope. "Maka berkemaslah Petrus dan berangkat bersama-sama dengan mereka. Setelah sampai di sana, ia dibawa ke ruang atas dan semua janda datang berdiri dekatnya dan sambil menangis mereka menunjukkan kepadanya semua baju dan pakaian, yang dibuat Dorkas waktu ia masih hidup." (ay 39).

Lihatlah betapa kehilangannya mereka pada sosok Tabita yang baik dan murah hati. Apa yang dibuat Tabita mungkin kecil dalam pandangan banyak orang, tapi tidak bagi mereka. Bagi mereka, Tabita sangat memberkati dan berdampak lewat perbuatan nyata. Tabita sudah begitu banyak menolong mereka lewat baju-baju yang ia buat.

Lantas mukjizat pun terjadi. "Tetapi Petrus menyuruh mereka semua keluar, lalu ia berlutut dan berdoa. Kemudian ia berpaling ke mayat itu dan berkata: "Tabita, bangkitlah!" Lalu Tabita membuka matanya dan ketika melihat Petrus, ia bangun lalu duduk. Petrus memegang tangannya dan membantu dia berdiri. Kemudian ia memanggil orang-orang kudus beserta janda-janda, lalu menunjukkan kepada mereka, bahwa perempuan itu hidup." (ay 40-41). Tabita dibangkitkan! Dan lewat mukjizat tersebut banyaklah orang-orang yang kemudian menjadi percaya kepada Yesus.(ay 42).

Dari kisah Tabita ini kita bisa melihat bahwa perbuatan sederhana pun bisa menjadi berkat tersendiri bagi orang lain dan juga sangat dihargai oleh Tuhan. Seandainya Tabita bukan orang yang baik dan peduli, maukah orang repot-repot pergi ke kota lain untuk memanggil Petrus? Rasanya tidak. Adalah sebuah fakta bahwa Tabita begitu dicintai oleh orang-orang di kotanya sehingga mereka tidak mau kehilangan dia. Lalu lihat pula bagaimana kemudian mukjizat Tuhan turun atasnya dengan kembali dibangkitkan dari kematian. Bukan itu saja, ia pun membawa jiwa-jiwa baru untuk diselamatkan. Semua ini berawal dari kebaikan hati Tabita yang merepresentasikan kebaikan hati Tuhan lewat apa yang bisa ia perbuat kepada sesama. Apa yang dilakukan Tabita sangatlah sederhana. Dia punya kemampuan menjahit, dan dia memakai itu untuk memberkati orang lain. Ia tidak berhenti sebatas rasa iba, kasihan, simpati, prihatin, tapi ia menindaklanjuti dengan melakukan sesuatu buat mereka. Dan lihatlah bahwa itu sangat bernilai baik bagi manusia maupun bagi Tuhan.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker