Monday, June 11, 2018

Ragi Herodes (1)

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: Markus 8:15
==============
"Lalu Yesus memperingatkan mereka, kata-Nya: "Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes."

Anda tentu tahu kata 'kroni'. Kata ini sebenarnya memiliki arti teman atau kawan yang sangat dekat. Tapi setidaknya menjelang masa reformasi kata ini dipakai untuk menunjuk beberapa pejabat tinggi yang sangat loyal kepada pemimpin saat itu yang tengah ingin digulingkan. Sejak masa itu kata kroni mengalami perubahan makna menjadi negatif, yaitu teman-teman dekat yang bersekongkol dengan penjahat.

Kenapa saya memulai renungan kali ini dengan kata 'kroni'? Alasannya adalah, karena saya akan membagikan satu jenis ragi lagi yang harus kita hindari. Sangatlah menarik jika melihat bahwa dua penulis Injil mencatat dengan sedikit berbeda tentang satu event atau kejadian yang sama. Matius dalam Injil yang ditulisnya mengatakan pesan Yesus untuk berjaga-jaga dan waspada terhadap ragi orang Farisi dan Saduki. (Matius 16:6). Sedang Markus mencatatnya seperti ini: "Lalu Yesus memperingatkan mereka, kata-Nya: "Berjaga-jagalah dan awaslah terhadap ragi orang Farisi dan ragi Herodes." (Markus 8:15). Sedangkan dalam kesempatan lain, Lukas mencatat ucapan Yesus tentang ragi yang isinya "Sementara itu beribu-ribu orang banyak telah berkerumun, sehingga mereka berdesak-desakan. Lalu Yesus mulai mengajar, pertama-tama kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: "Waspadalah terhadap ragi, yaitu kemunafikan orang Farisi." (Lukas 12:1).

Bagian ragi orang Farisinya sama, tapi ragi Saduki dan ragi Herodes dicatat hanya oleh masing-masing penulis Injil. Yang pasti, selain ragi Saduki dan Farisi, ada satu lagi ragi yang harus kita waspadai yaitu ragi Herodes. Seperti halnya ragi orang Saduki dan ragi orang Farisi, ragi Herodes ini pun punya daya rusak yang luar biasa dalam menggagalkan orang percaya untuk menggenapi rencana Tuhan, menjauhkan orang percaya dari ketaatan dan menghancurkan perjalanan mereka menuju kehidupan yang kekal. Sama seperti dua ragi lainnya, ragi Herodes bisa muncul dan berfermentasi dalam diri kita, mencemarkan keputusan-keputusan yang kita ambil dalam hidup kita tanpa kita sadari.

Setelah kita melihat apa yang dimaksud dengan ragi orang Farisi dan ragi orang Saduki dalam renungan sebelumnya, hari ini mari kita lihat apa itu ragi Herodes, seperti apa bentuknya termasuk di jaman ini agar kita bisa menghindarinya.

Ragi Herodes menyebabkan terjadinya pembusukan yang mengembang dalam kehidupan orang-orang dekat atau kroni-kroninya raja Herodes pada masa itu. Para kroni ini disebut sebagai Herodian alias orang-orangnya Herodes. Mereka ini menunjukkan sikap yang tidak bersahabat pada Yesus, bahkan memusuhiNya. Dalam Alkitab mereka kerap disandingkan dengan orang-orang Farisi seperti misalnya yang tertulis dalam ayat bacaan kita hari ini.

Kaum Herodian hidup berkiblat pada raja Herodes. Mereka terus mencari atau ambil muka terhadap raja, menjilat agar bisa mendapatkan jabatan, pangkat atau hormat sebagai orangnya Herodes. Demi memperoleh itu mereka rela melakukan apa saja yang diinginkan atau disuruh Herodes

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker