Wednesday, June 20, 2018

Intimidasi (1)

webmaster | 10:00:00 PM |
Ayat bacaan: 1 Samuel 17:16
======================
"Selama 40 hari Goliat orang Filistin itu keluar dari kemahnya setiap pagi dan petang dan berdiri menghadap tentara Israel dan mengejek mereka." (VMD-Versi Mudah Dibaca)

Saya sudah bertemu dengan banyak orang yang gambar dirinya rusak karena sering direndahkan atau diremehkan dalam hidupnya. Salah satu contoh adalah seorang anak remaja yang bermasalah besar dengan rasa percaya dirinya. Saya mengenalnya di sebuah sekolah musik. Menurut gurunya, ia kerap menangis tanpa sebab jelas dan takut tampil dalam pertunjukan yang diadakan sekolahnya. Padahal gurunya tahu bahwa anak ini sebenarnya berbakat. Kalau lagi tenang ia bisa bermain dengan baik, bahkan bagus suaranya saat menyanyi. Tapi begitu ada yang mengkritik apalagi bercanda menertawakannya, bagai rumah kartu yang tersenggol angin sedikit saja, mentalnya langsung ambruk berantakan. Membangunnya lama, hancurnya cepat.

Saya pun memutuskan untuk mengajaknya bicara 4 mata. Setelah dikorek, ternyata ia kurang pujian sejak kecil. Sering dibandingkan dengan saudara, tidak dipuji saat melakukan sesuatu yang baik atau berprestasi tapi dimarahi habis-habisan begitu berbuat salah. Kalau di keluarga begitu, di lingkungan sekolah dan pertemanan ia sering di bully. Lengkap sudah. Itu terjadi sampai usianya sekarang, dan ia pun tumbuh menjadi anak remaja yang tidak percaya diri, tertutup/suka menyendiri, cepat berpikir negatif dan mentalnya lemah. Saya minta ia main satu lagu sambil bernyanyi, dan hasilnya memang sangat bagus. Saat saya puji, ia menangis dan berkata bahwa pujian saya itu adalah sesuatu yang sangat jarang ia terima. Begitu jarang, ia bahkan sulit percaya bahwa pujian itu memang benar-benar atas kualitas permainannya.

Satu hal yang menarik buat saya, ia tahu banyak mengenai Firman Tuhan, termasuk yang berkenaan dengan permasalahan yang ia alami. Tapi ketidakpercayaan dirinya terlanjur membuatnya sulit menerima kebenarannya. Dengan kata lain, ia tahu Firman tapi tidak melihat aplikasi maupun merasakan manfaatnya. Tidak lama setelah saya konseling, ia bisa tampil dengan sangat baik, bahkan melebihi ekspektasi gurunya. Ayahnya yang tadinya sulit memuji dengan bangga merekam penampilannya. Itu menjadi momen bahagia bagi dirinya. Saya berharap semoga ia bisa terus bertumbuh dalam pengenalan yang benar akan Tuhan, mengerti tujuan Tuhan saat menciptakanNya dan apa rencana Tuhan yang besar bagi dirinya. Semoga ia bisa terus memperkuat percaya dirinya dan berhasil dalam karirnya nanti, karena akan sayang sekali kalau ia gagal menggenapi rencana Tuhan dan gagal dalam hidupnya bukan karena Tuhan tidak peduli melainkan karena terhalang oleh mentalnya sendiri.

Anak remaja ini hanyalah satu contoh dari bagaimana seseorang bisa sulit maju menggapai cita-cita atau panggilannya karena sejak lama merasa terintimidasi dalam hidupnya. Mereka sulit mencapai potensi dan performance terbaik mereka, cenderung berjalan di tempat atau malah mundur. Anak muda ini termasuk cepat berubah, karena ada banyak orang yang butuh waktu dan usaha yang sangat panjang untuk bisa berubah. Ada yang bolak balik jatuh, ada yang tidak kunjung menunjukkan perbaikan. Dan seperti anak remaja tadi, kebanyakan dari mereka ini sebenarnya punya potensi dan bakat besar. Alangkah sayangnya apabila mereka gagal karena tidak bisa melewati intimidasi atau tekanan, ejekan, cemoohan, kritikan yang merendahkan dari orang lain.

Saya ingin mengajak teman-teman untuk melihat kisah Goliat yang menantang prajurit-prajurit Israel. Kita sudah sangat familiar dengan kisah ini, terutama pada bagian Daud mengalahkan Goliat hanya dengan menggunakan umban yaitu sejenis ketapel. Tapi untuk renungan kali ini, saya akan mengajak melihat dari sisi lain yang berhubungan dengan tema hari ini, yang mungkin jarang kita perhatikan, yaitu intimidasi.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker