Tuesday, June 12, 2018

Ragi Herodes (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan).

Lihatlah salah satu contoh dari kelakuan para Herodian ini. Dalam Markus 12:13-17 kita bisa membaca bahwa mereka terlibat untuk menjebak Yesus. Markus mencatat bahwa ada beberapa orang Farisi dan Herodian disuruh oleh pemimpin untuk menjerat Yesus lewat hal membayar pajak pada kaisar. Mereka mengira Yesus akan berkata bahwa penduduk tidak perlu membayar pajak kepada penguasa dan dengan itu mereka berharap bisa menangkap Yesus.

Tapi Yesus tahu itu jebakan oleh orang-orang munafik. "Lalu kata Yesus kepada mereka: "Berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!" Mereka sangat heran mendengar Dia." (ay 17).

Menariknya, hal ini terjadi tepat sebelum orang Saduki datang mempertanyakan soal kebangkitan seperti yang sudah kita bahas dalam renungan sebelumnya. Jadi dalam Markus pasal 12 ini kita bisa melihat bagaimana Yesus harus berhadapan dengan tiga kelompok yang Dia gambarkan berpotensi membusukkan seperti ragi, yaitu Farisi, Herodian dan Saduki.

Lantas pada waktu Yesus dipersoalkan ketika menyembuhkan orang yang lumpuh sebelah pada hari Sabat dalam Markus 3:1-6, kembali kita melihat sepak terjang para Herodian ini. Tepat setelah Yesus menyembuhkan orang yang lumpuh sebelah tersebut, para orang Farisi pun segera meninggalkan rumah ibadat itu lalu bersekongkol dengan orang-orang Herodian, berunding dan membuat rencana untuk membunuh Yesus. (ay 6).

Dari perilaku orang-orang Herodian kita bisa melihat butanya hati melihat kebenaran karena silau oleh harta, pangkat, jabatan maupun hal-hal lain yang dikejar oleh dunia. Bagaimana ragi ini bekerja hari ini? Kita bisa melihatnya dari orang-orang yang mencari pangkat atau jabatan sehingga rela menanggalkan iman mereka, berpaling dari Tuhan dan menggadaikan hak kesulungannya. Kasih karunia Tuhan yang begitu besar menjadi tidak ada artinya sama sekali, digantikan oleh berbagai kenikmatan yang memuaskan daging.

Orang-orang yang tadinya baik hidupnya sesuai kebenaran kemudian berbelok arah karena tidak tahan terhadap godaan yang ditawarkan oleh dunia. Takut hilang kesempatan naik pangkat, jabatan, pamor, karir, popularitas yang fana, banyak orang dengan cepat membuang iman mereka. Bahkan dalam memilih pasangan pun hak kesulungan kerap mudah dilepaskan.

Kalau itu di kehidupan luar gereja, dalam gereja ragi ini pun bekerja merusak orang-orang percaya. Seorang pendeta pernah bercerita pada saya bahwa suatu kali ia ditemui oleh pengusaha besar yang menawarkannya kedudukan tinggi dan membangun gereja baru asal mau meninggalkan gereja dimana ia selama ini melayani. "Nanti kita ambil sekian persen dari persembahan dan bagi dua, gampanglah." kata si pengusaha itu kepadanya. Untunglah ia memiliki iman yang teguh sehingga ia langsung menolak mentah-mentah tawaran seperti itu. Tapi ada berapa banyak hamba Tuhan yang jatuh dalam penyesatan seperti ini?

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker