Wednesday, March 21, 2018

Raja Hizkia dan Nebukadnezar (2)

webmaster | 10:00:00 PM |

(sambungan)

Pertama, kisah raja Hizkia dalam kitab 2 Raja Raja dan 2 Tawarikh. Siapa Hizkia itu? Hizkia adalah seorang raja yang disebutkan saleh yang punya hubungan dekat dengan Tuhan. Hizkia dikenal selalu berpaut pada Tuhan dan berpegang pada perintah-perintah Tuhan sehingga bahkan dikatakan bahwa tidak ada lagi yang sama seperti dia diantara raja-raja Yehuda. (2 Raja Raja 18:5-6). Arti dari Hizkia adalah "Yahwe adalah kekuatanku", yang membuatnya jelas mengawali dengan sangat baik. Hizkia pun disebut 'melakukan apa yang benar di mata Tuhan, tepat seperti yang dilakukan Daud, bapa leluhurnya." (2 Tawarikh 29:2). Ia memerintah sekitar 700 tahun Sebelum Masehi, menjabat raja pada usia muda dan memerintah selama hampir 30 tahun.

Ia mencatat begitu banyak kegemilangan dalam karirnya. Dialah yang membuka pintu-pintu Rumah Tuhan dan memperbaikinya serta mendatangkan para imam kesana (2 Tawarikh 29:3-4), ia meremukkan tugu-tugu berhala, menebangnya dan menghancurkan ular tembaga dimana pada masa itu orang Israel membakar korban bagi ular ini sebagai bentuk penghormatan. Dalam melawan bangsa yang memerangi mereka, Hizkia mengandalkan Tuhan (2 Tawarikh 32:1-23, 2 Raja Raja 18:1-19). Betapa hebatnya raja Israel yang satu ini.

Sayangnya ditengah kelimpahan berkat Tuhan yang selalu menyertainya, Hizkia sempat jatuh dalam keangkuhan menjelang tahun-tahun terakhir pemerintahannya. 2 Tawarikh 32:24 ia menderita sakit dan meminta Tuhan menyembuhkannya. Ia pun mendapatkan kesembuhan dari Tuhan. Tapi bukannya bersyukur, ia malah terjebak menjadi sombong. Akibatnya Tuhan pun marah. Hampir saja Yehuda dan Yerusalem ditimpa murka Allah karena kesalahan raja mereka Hizkia. "Tetapi Hizkia tidak berterima kasih atas kebaikan yang ditunjukkan kepadanya, karena ia menjadi angkuh, sehingga ia dan Yehuda dan Yerusalem ditimpa murka." (2 Tawarkih 32:25).

Untunglah Hizkia cepat sadar akan keangkuhannya sehingga murka Allah tidak sampai menimpa bangsa yang dipimpin Hizkia pada masa pemerintahannya (2 Tawarikh 32:25-26). Bukan saja Tuhan mengampuni dan menjauhkan murkanya segera setelah Hizkia dan rakyatnya berbalik merendahkan diri, Tuhan pun kemudian memberkati Hizkia dengan kekayaan dan kemuliaan yang sangat besar yang segera ia pakai untuk memakmurkan bangsanya. Kisah yang hampir berakhir tragis karena dosa kesombongan pun kemudian berujung hal yang indah.

Dari kisah lain, mari kita lihat apa yang terjadi pada raja Nebukadnezar dalam kitab Daniel. Nebukadnezar sebagai raja juga memiliki kekuasaan dan keagungan. Sayangnya ia lupa dari mana semua itu berasal. Saat ia tengah berjalan di atap istana, "berkatalah raja: "Bukankah itu Babel yang besar itu, yang dengan kekuatan kuasaku dan untuk kemuliaan kebesaranku telah kubangun menjadi kota kerajaan?" (Daniel 4:30). Lihatlah sikap angkuhnya lewat ucapan yang memegahkan dirinya sendiri.


Akibatnya fatal. Belum habis ia bicara, tiba-tiba terdengarlah suara dari langit. "Kepadamu dinyatakan, ya raja Nebukadnezar, bahwa kerajaan telah beralih dari padamu; engkau akan dihalau dari antara manusia dan tempat tinggalmu akan ada di antara binatang-binatang di padang; kepadamu akan diberikan makanan rumput seperti kepada lembu; dan demikianlah akan berlaku atasmu sampai tujuh masa berlalu, hingga engkau mengakui, bahwa Yang Mahatinggi berkuasa atas kerajaan manusia dan memberikannya kepada siapa yang dikehendaki-Nya!" (ay 31-32).

Dan tepatnya itulah yang langsung terjadi. "Pada saat itu juga terlaksanalah perkataan itu atas Nebukadnezar, dan ia dihalau dari antara manusia dan makan rumput seperti lembu, dan tubuhnya basah oleh embun dari langit, sampai rambutnya menjadi panjang seperti bulu burung rajawali dan kukunya seperti kuku burung." (ay 33). Hukuman ini jatuh kepadanya bukan hanya sesaat melainkan harus ia tanggung selama tujuh musim.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker