Friday, March 30, 2018

Daging vs Roh (3)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Paulus mengingatkan juga bahwa menuruti keinginan daging berarti perseteruan terhadap Allah, dan siapapun yang hidup dalam daging tidak mungkin berkenan kepada Allah. (ay 7-8). Jika kita terus memberi kelonggaran untuk memenuhi berbagai keinginan daging, kita akan mati. Sebaliknya jika Roh lebih berkuasa dalam hidup kita, kita akan hidup. "Sebab, jika kamu hidup menurut daging, kamu akan mati; tetapi jika oleh Roh kamu mematikan perbuatan-perbuatan tubuhmu, kamu akan hidup." (ay 13).

Jika kita hidup oleh Roh, kita tidak akan lagi menuruti keinginan daging (Galatia 5:16). Kalau keinginan daging dijabarkan dalam pasal 19 sampai 21, maka buah Roh bertolak belakang dengan itu semua. "Tetapi buah Roh ialah: kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri. Tidak ada hukum yang menentang hal-hal itu." (ay 22-23). Betapa berbedanya keinginan daging dan keinginan Roh, dan kita tahu dimana masing-masing akan membawa kita berlabuh, apa yang akan kita dapatkan dari keduanya.

Lantas kita harus ingat pesan ini: "Barangsiapa menjadi milik Kristus Yesus, ia telah menyalibkan daging dengan segala hawa nafsu dan keinginannya. Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh." (ay 24-25). Jadi kalau kita berkomitmen untuk hidup oleh Roh, maka hidup kita sudah seharusnya dipimpin oleh Roh. Dan kalau kita memang mengaku sebagai milik Kristus, maka sudah seharusnya pula kita menyalibkan kedagingan beserta segala hawa nafsu dan keinginan di dalamnya. Keduanya tidak akan bisa dijalankan bersama-sama. Kita tidak bisa mengaku sebagai pengikut Yesus tapi tetap memuaskan keinginan-keinginan daging. Kita tidak bisa terus mencari kenikmatan yang memuaskan daging lantas berharap mendapat bagian dalam KerajaanNya juga.

Salah satu pintu masuknya dosa yang paling utama adalah lewat keinginan-keinginan daging. Ini merupakan salah satu celah favorit yang dipergunakan untuk mengalihkan pandangan kita dari kebenaran. Kenikmatan dan kesenangan yang ditawarkan bisa begitu menggoda sehingga kita mudah memberi toleransi, membuka pintu terhadap dosa dan membiarkannya di dalam kita sampai kita benar-benar hancur dibuatnya.

Ingatlah bahwa Yesus sudah menyatakan bahwa roh memang penurut tetapi daging lemah (Matius 26:41). Daging itu lemah, mudah menyerah dan tergoda. Pemahaman kebenaran yang lemah dan toleransi yang besar yang diberikan kepada keinginan-keinginan daging ini akan membuat kita terus jatuh semakin jauh dan tenggelam semakin dalam, sampai-sampai kita tidak lagi sadar bahwa pemuasan keinginan daging ini sudah membuat kita gagal menuai rencana Tuhan dan akan kehilangan bagian dalam Kerajaan Allah.

Oleh karena itulah dalam ayat yang sama ini Yesus mengajak kita untuk terus berjaga-jaga dan berdoa supaya jangan sampai kita menuruti keinginan daging yang lemah lalu menuai konsekuensi buruk. Tidak bisa tidak, kita harus benar-benar menyalibkan daging supaya kita bisa mengalami sebuah hidup yang dipimpin oleh Roh, bukan dikuasai oleh segala yang diinginkan daging.

Godaan akan selalu hadir untuk menjebak kita. Itu tidak akan pernah mudah. Antara roh dan daging akan selalu tarik menarik Tapi kita harus berkomitmen secara serius agar kita jangan sampai kalah terhadap segala yang diinginkan daging. Hidup yang kita jalani jangan sampai dikuasai oleh daging tapi seharusnya oleh Roh. Itulah yang akan membuat kita bisa hidup dalam damai sejahtera dan penuh dengan buah Roh.

Keinginan daging merupakan hal yang berasal dari dunia bukan dari Allah. Hiduplah dipimpin oleh Roh bukan daging

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker