Thursday, August 24, 2017

Hakekat Manusia Menurut Penciptanya (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

Hidup dalam kemuliaan Allah berarti hidup dengan bobot dan kualitas Allah. Tuhan meletakkan kemuliaanNya atas diri kita, itu sama artinya dengan meletakkan kualitas diriNya pada kita. Tuhan menciptakan manusia seperti itu dan tidak pernah merancang kita layaknya membuat robot atau mobil-mobilan dengan remote control. Karenanya sudah seharusnya kita berjalan dalam bobot dan kualitas Allah dengan membuat atau mengambil keputusan-keputusan yang benar dalam hidup. Salah satu bukti bahwa kita bukan diciptakan sebagai robot adalah adanya kehendak bebas yang diberikan Tuhan pada kita. Itu jelas-jelas merupakan salah satu bentuk kemuliaan yang diberikan Tuhan kepada kita.

Lalu untuk apa kehendak bebas itu seharusnya dipergunakan? Apakah itu artinya kita bisa berbuat seenak perut kita? Tentu saja tidak. Seringkali yang kita lakukan justru sebaliknya, berbuat sesuka hati kita, mementingkan dan mengejar apa yang dipercaya dunia dan berpusat pada diri sendiri. Padahal tujuan Tuhan memberikan itu adalah agar kita bisa memutuskan segala sesuatu sesuai dengan kualitas Tuhan. Mempergunakan kehendak bebas itu sebagai sarana untuk mengerti, menghidupi dan bisa mengaplikasikan kualitas Tuhan secara nyata dalam hidup kita.

Kembali pada kitab Mazmur pasal 8, mari kita lihat ayat selanjutnya. "Engkau membuat dia berkuasa atas buatan tangan-Mu; segala-galanya telah Kauletakkan di bawah kakinya: kambing domba dan lembu sapi sekalian, juga binatang-binatang di padang; burung-burung di udara dan ikan-ikan di laut, dan apa yang melintasi arus lautan." (ay 7-9). Hal ini sejalan dengan apa yang disebutkan dalam awal Kitab Kejadian, yaitu bahwa manusia diberi kuasa atas bumi beserta isinya (Kejadian 1:26-30). Dan itulah alasannya mengapa Tuhan membuat kita menurut gambarNya sendiri seperti yang disebutkan dalam ayat 27.

Tuhan menciptakan semua keindahan dunia dalam kelengkapan sempurna, dan Dia menciptakan kita lengkap dengan kemuliaanNya, memberi kita otoritas sehingga kita bisa menaklukkan dan berkuasa atas seluruh dan seisi bumi. Ini bukan berarti bahwa kita bisa semena-mena menghancurkan alam yang indah yang diciptakan Tuhan karena punya kuasa, tetapi justru untuk menjaga dan mengelolanya dengan sebaik-baiknya, mengisinya dengan segala yang baik yang seharusnya bisa karena kita punya kualitas Allah dalam diri kita lewat mahkota kemuliaan dan hormat. Kita seharusnya mengaplikasikannya dalam apapun yang kita lakukan hari ini, dimanapun kita ditempatkan, Tuhan menginginkan kita untuk melakukan itu. Itulah rencana Tuhan yang Dia pandang sangat baik. (ay 31).

Sudahkah kita menyadari hal itu dalam hidup kita? Apakah kita sadar bahwa kita sejatinya diciptakan dengan, dalam dan untuk kemuliaan? Sadarkah kita bahwa kita dibuat dengan kemuliaan dan hormat yang artinya dipenuhi bobot dan kualitas Allah sendiri? Apakah itu yang kita cerminkan dalam hidup atau kita masih menjadi satu dari orang-orang yang kacau perilakunya dan menjadi contoh buruk bagi masyarakat? Apakah kita sudah peduli dengan orang lain dan ciptaan Tuhan lainnya di bumi atau kita masih hidup penuh kebencian, self-centered atau malah turut serta merusak lingkungan alam sekitar?

Apakah kita tahu otoritas yang diberikan Tuhan dan sudah memegangnya dengan benar dan setia, atau kita menyalahgunakan otoritas itu demi kepentingan sendiri, atau masih tidak melakukan apa-apa? Bagaimana hakekatnya kita diciptakan, apa yang ada dalam benak Tuhan saat menciptakan manusia, apa yang Dia berikan pada kita saat menciptakan haruslah kita pahami sebagai sebuah dasar penting untuk menyikapi dan menjalani hidup. Kita diciptakan dengan kemuliaan, dalam kemuliaan dan untuk kemuliaan. Never forget that.

We are not a coincidence and neglected, we are the crown of creation

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker