Monday, November 13, 2017

Produk Negatif Hati : Iri Hati (2)

webmaster | 11:00:00 PM |
(sambungan)

Kemarin saya menyampaikan pentingnya kita menjaga hati karena hati merupakan pusat kendali dari mana kehidupan itu terpancar (Amsal 4:23). Tuhan Yesus sudah mengingatkan bahwa bukan apa yang dari luar masuk ke dalam, tapi apa yang keluar dari dalam, itulah yang menajiskannya. (Markus 7:15). Mengapa? "sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan, perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang." (ay 21-23). Lihatlah bahwa iri hati adalah salah satunya.

Banyak dari kita yang menganggap enteng sikap hati seperti ini sebagai sesuatu yang wajar, iri hati sesungguhnya menyimpan potensi malapetaka besar. Dan Alkitab sudah memberi peringatan keras akan hal ini. Bukannya waspada dan menganggapnya dosa, kita pikir itu biasa saja dan mungkin pula kita tidak sadar akan kemunculannya dalam hati kita, seolah-olah hanyalah sebuah ungkapan kekesalan sesaat yang alamiah, manusiawi dan tidak berbahaya. Kita cenderung memaklumi, tapi berhati-hatilah karena iri hati adalah racun dari iblis yang mampu mengubah kasih menjadi kebencian, menghilangkan kasih dan akibatnya melumpuhkan iman dalam kehidupan kita.

Sikap iri ini merupakan salah satu celah yang sangat disukai iblis untuk merusak kita. Cara iblis menyerang disebutkan Petrus dalam salah satu bagian suratnya. "Sadarlah dan berjaga-jagalah! Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya." (1 Petrus 5:8).

Perhatikan bahwa iblis akan terus berkeliling mencari mangsa. Ia terus mencari celah yang terbuka, dan begitu menemukan celah, ia akan segera masuk, menerkam dan membinasakan kita. Seperti yang saya sampaikan di atas, iri hati bisa menjadi sebuah lahan basah yang asyik bagi si jahat untuk bermain. Apabila kita terus membiarkan produk buruk hati ini menguasai kita, maka itu sama artinya dengan membuka hidup kita untuk diporak-porandakan iblis.

Ayat bacaan hari ini diambil dari Yakobus pasal 3 ayat 16. Bunyinya: "Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat." Dari ayat ini kita bisa melihat bahwa iri hati akan membuka pintu bagi iblis untuk masuk ke dalam kehidupan kita, menyebabkan banyak kekacauan dan menjadi awal dari segala macam perbuatan jahat.

Lihat, bukan satu-dua atau sedikit tetapi dikatakan segala macam perbuatan jahat. Perbuatan jahat apa saja? Banyak sekali, mulai dari "sekedar" cemburu, depresi, down hingga kejahatan-kejahatan yang keji seperti penganiayaan bahkan pembunuhan.

Pembunuhan bisa berawal dari rasa iri. Bahkan kisah pembunuhan yang pertama kali dicatat di dalam Alkitab berawal dari rasa iri. Apa yang terjadi ketika Kain merasa iri pada saudaranya Habel, bahwa korban persembahannya "kalah". Hatinya pun panas, dan Wajahnya muram. Apa kata Tuhan melihat Kain?  Ini kata Tuhan: "Apakah mukamu tidak akan berseri, jika engkau berbuat baik? Tetapi jika engkau tidak berbuat baik, dosa sudah mengintip di depan pintu; ia sangat menggoda engkau, tetapi engkau harus berkuasa atasnya."  (Kejadian 4:7).

Perhatikan, Tuhan tidak berkata, "Kain, itu adalah hal yang wajar, santai saja.." Tidak. Sebaliknya Tuhan berkata: "Kain, berhati-hatilah dengan rasa irimu, sebab dosa sudah mengintip di depan pintu dan siap menerkammu." Sayangnya meski Kain sudah diperingatkan, ia tidak peduli dan terus membiarkan rasa irinya. Maka lihat apa yang terjadi kemudian. Kain menyerah pada roh jahat, dan berawal dari iri hati, ia membunuh adiknya (ay 8).

(bersambung)


2 comments :

Ade Ata said...

Dalem...๐Ÿ‘ ๐Ÿ˜Š

Ade Ata said...

Dalem...๐Ÿ‘ ๐Ÿ˜Š

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker