Wednesday, November 22, 2017

Luas Jangkauan Murah Hati (2)

webmaster | 11:00:00 PM |
(sambungan)

Apa yang ia lakukan? Yesus berkata seperti ini. " Ia pergi kepadanya lalu membalut luka-lukanya, sesudah ia menyiraminya dengan minyak dan anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya sendiri lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya.Keesokan harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu, katanya: Rawatlah dia dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan menggantinya, waktu aku kembali."(ay 34-35).

Apa yang dilakukan orang Samaria yang murah hati ini nyata. Ia segera memberi Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K), memberi desinfektan pada luka-luka sebelum melakukan langkah selanjutnya, yaitu menaikkan orang itu ke atas keledainya untuk dibawa ke tempat penginapan. Perhatikan, orang Samaria ini tidak mengenal siapa yang ia tolong. Hari saat itu mungkin panas terik. Tapi ia rela turun dari keledainya dan menuntun keledai dengan orang yang tengah sekarat di atasnya menuju tempat dimana ia bisa melakukan perawatan lebih banyak lagi.

Siapa orang Samaria? Mengapa Yesus mengambil contoh orang yang berbelas kasihan ini dalam rupa orang Samaria? Dalam Yohanes 4:9 kita melihat Yohanes menambahkan catatan kecil dalam kisah perempuan Samaria sebagai berikut: "(Sebab orang Yahudi tidak bergaul dengan orang Samaria.)". Orang Samaria tercatat memiliki sejarah peseteruan atau permusuhan yang tajam dan panjang dengan Yahudi. Orang Samaria menyembah ilah-ilah lain sehingga dianggap sesat oleh orang Yahudi. Selain beda kepercayaan, mereka juga dibenci karena dianggap tidak berdarah murni karena merupakan hasil percampuran antara orang Yahudi dan non Yahudi.


Bukankah sangat memalukan saat dua petinggi rohani yang mengaku bagian dari umat pilihan Tuhan hanya berdiam diri saat melihat warganya sendiri tengah menderita, sekarat di tengah panas terik siang hari? Sebaliknya orang Samaria memiliki sikap murah hati.

Rincinya, orang Samaria ini:
1. Memiliki belas kasihan dalam hatinya
2. Belas kasihan itu menggerakkannya untuk memberi pertolongan
3. Ia melakukan P3K pada korban sekarat yang tidak ia kenal dan notabene merupakan orang dari suku yang bermusuhan
4. Ia meninggalkan kenyamanan naik keledai dan berjalan menuntun keledai yang diatasnya ada orang sekarat
5. Ia menunda kegiatannya atau perjalanannya untuk menolong korban
6. Ia menginap satu malam agar bisa melakukan perawatan lebih lanjut
7. Ia memberi sejumlah uang pada pemilik penginapan agar merawat korban sampai sembuh
8. Ia berjanji akan kembali menjenguk korban untuk memastikan apakah korban sudah dirawat baik dan akan kembali pulih

Perhatikan betapa jauh perbedaan antara orang Samaria dengan kedua bapak petinggi rohani sebelumnya. orang Samaria ini bergegas menolong orang Yahudi, meskipun dengan resiko ia akan dibenci oleh orang yang ditolongnya. Apakah ia sedang santai sehingga punya banyak waktu untuk menolong? Kalau melihat dari kedatangannya mengendarai keledai, saya pikir ia sedang menempuh perjalanan jauh makanya memilih untuk naik keledai ketimbang jalan kaki. Ia mungkin lelah, ia pun mungkin buru-buru, ia tentu punya agendanya sendiri yang harus ia korbankan saat memutuskan untuk melakukan sesuatu dengan digerakkan oleh rasa belas kasihan. Apapun resikonya, berapapun yang harus ia korbankan, ia tidak peduli. Hatinya tergerak oleh belas kasihan, dan ia menolong tanpa pandang bulu. Tanpa memandang apa agamanya, apa sukunya, siapa orang itu, yang ia tahu adalah, orang itu butuh pertolongan, ia ada disana dan bisa melakukan sesuatu. He did that right away. Tidaklah salah kalau ia disebut sebagai orang Samaria yang murah hati.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker