Sunday, November 12, 2017

Produk Negatif Hati : Iri Hati (1)

webmaster | 11:00:00 PM |
Ayat bacaan: Yakobus 3:16
======================
"Sebab di mana ada iri hati dan mementingkan diri sendiri di situ ada kekacauan dan segala macam perbuatan jahat."

Ada pepatah mengatakan rumput tetangga selalu kelihatan lebih hijau. Ini menggambarkan kecenderungan manusia untuk iri kepada kesuksesan orang-orang disekitarnya, termasuk atau mungkin, terutama tetangga yang secara jarak paling dekat dengan kita. Tadinya hubungan baik-baik, tapi kemudian mulai renggang karena merasa tetangga lebih dalam satu atau lebih hal dibanding diri sendiri.

Ada banyak tetangga yang jadi musuh, dan salah satu penyebab terbesarnya adalah rasa iri hati. Iri melihat tetangga lebih sukses, makmur, atau juga bahagia. Bukannya belajar dari mereka, tapi yang muncul adalah sikap cemburu. Lalu mulai menggunjingkan mereka. Gosip, prasangka buruk, menjelekkan mereka supaya dirinya tampak hebat. Kalau ada dekat mereka, isi omongannya cuma menjelekkan tetangga atau orang lain. Orang bahagia dibilang sombong, orang sukses dibilang pamer, orang berhasil dalam pekerjaannya dibilang pakai cara curang, padahal belum tentu semua itu benar, dan kita seharusnya tidak boleh usil mengurusi hidup orang lain. Kalau diingatkan agar jangan bersikap begitu, dianggap membela orang yang ia gunjingkan.

Ada orang-orang seperti ini yang dikuasai iri hati, dengki dan cemburu pada orang lain. Mereka sangat insecure atau merasa tidak aman pada dirinya sendiri, karenanya merasa perlu untuk merendahkan orang lain supaya terlihat tinggi. Mereka merasa begitu, padahal yang terlihat justru sebaliknya. Tetangganya membangun taman ia cemburu, tetangganya bahagia ia iri, tetangganya sukses ia berburuk sangka. Apa tidak lelah hidup seperti itu? Mau bagaimana hidup bahagia kalau hati isinya dipenuhi rasa iri?

Kalau sampai bikin hidup tidak bisa bahagia saja sudah bikin masalah, ada banyak orang yang gara-gara iri hati melakukan tindak-tindak kejahatan. Gara-gara iri melihat kekayaan orang lain mereka mencuri apa yang bukan haknya, bahkan ada yang sampai menghilangkan nyawa orang lain hanya gara-gara perasaan negatif yang satu ini.

Seperti apa orang yang dipenuhi iri hati itu? Mereka biasanya tidak bisa melihat orang lain lebih dari mereka. Apakah lebih sukses, lebih maju, lebih bahagia, lebih kaya dan sebagainya. Kalau mau lebih spesifik, rasa iri hati akan muncul saat kita membanding-bandingkan apa yang kita punya dengan apa yang dimiliki orang lain lalu merasa kalah dari mereka.

Lalu, mulailah muncul keinginan untuk menjelekkan, bergunjing dan bergosip tentang orang lain. Kalau lihat orang susah, mereka senangnya bukan kepalang. Makin jatuh orang lain, makin senang pula mereka. Dan biasanya mereka ini sangat sulit bersyukur atas apa yang mereka punya. Mereka iri terhadap apa yang belum mereka miliki tapi tidak bisa melihat berkat-berkat Tuhan yang sebenarnya sudah ada pada diri mereka.

Dari pengamatan saya, iri hati akan semakin memburuk apabila dibiarkan. Mungkin bermula dari rasa insecure, kurang percaya diri atau rendah diri, tapi saat dibiarkan iri hati membuat orang tidak lagi punya jiwa besar untuk mengakui kelebihan orang lain, sulit turut berbangga dan berbahagia atas kesuksesan orang lain dan kemudian tidak lagi mampu melihat berkat Tuhan yang mereka miliki.

Pada akhirnya, sebuah hati yang dipenuhi perasaan iri atau dengki akan menjadi lahan bermain menyenangkan bagi si jahat. Pada tahapan ini orang akan menjadi boneka mainan si jahat yang terus memanipulasi perasaan mereka dengan segala rasa sakit karena cemburu pada kesuksesan dan kebahagiaan orang lain. Menjadi gelap mata, lalu melakukan perbuatan-perbuatan jahat yang bisa jadi nantinya sudah terlambat untuk disesali.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker