Saturday, November 18, 2017

Dasar Utama Kemurahan Hati (1)

webmaster | 11:00:00 PM |
Ayat bacaan: 1 Korintus 13:4
=================
"...; kasih itu murah hati;..."

Apakah yang dimaksud dengan murah hati itu? Jika mengacu pada kamus, murah hati didefenisikan sebagai sebuah perilaku yang mudah memberi, tidak pelit, tapi juga penyayang, penuh kasih, suka menolong dan baik hatinya. Dalam bahasa Inggris, kata ini diartikan sebagai sebuah sikap yang menunjukkan kesediaan untuk memberi sesuatu , baik uang maupun waktu, lebih dari apa yang seharusnya atau diharapkan. Definisi lain menyatakan bahwa murah hati adalah sikap yang menunjukkan atau menyatakan kebaikan pada sesama. Dari definisi-definisi diatas, kita bisa melihat bahwa sebuah kemurahan hati merupakan sebuah sikap atau keputusan untuk memberikan sesuatu dari kita kepada orang lain didasari kasih dimana sikap ini menyangkut banyak aspek dalam kehidupan dan dalam interaksi antar manusia. Banyak orang berpikir bahwa murah hati itu sama dengan royal alias suka bersedekah. Itu memang bentuk dari murah hati, tetapi murah hati tidaklah secara sempit berbicara hanya mengenai memberi dalam bentuk material saja melainkan juga dalam banyak bentuk lainnya seperti waktu, tenaga, telinga, perhatian dan sebagainya.

Yang juga harus kita ingat adalah tidak semua sikap memberi berasal dari sikap murah hati. Mengapa? Karena ada banyak motivasi yang terkandung dibalik memberi. Ada yang mengharap balasan, ada yang berusaha menyogok Tuhan, memberi karena ingin mendapat berlipat kali ganda alias fokus kepada perolehan bukan karena hati yang mengasihi, ada yang merasa bahwa keselamatannya akan diukur dari jumlah pemberiannya kepada gereja atau orang lain. Ada yang mencari popularitas dengan memamerkan kedermawanannya. Saat seseorang berpikir bisnis dalam memberi, berhitung untung rugi dan profit, itu bukan lagi murah hati melainkan bentuk investasi yang mengharapkan modal kembali dan keuntungan.

Kemarin kita sudah melihat bentuk kemurahan hati dari dua ibu janda pada jaman yang berbeda. Kalau kita lihat dalam Alkitab, ada banyak sekali pelajaran tentang kemurahan hati yang lebih dari sekedar keringanan untuk membantu sesama hanya dari sudut finansial saja. Sebuah pesan penting yang disampaikan oleh Yesus sendiri pada masa kedatangannya ke bumi dengan jelas menyerukan kewajiban kita untuk bermurah hati disertai alasannya: "Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati." (Lukas 6:36).

Pesan ini secara tegas menyatakan bahwa  kemurahan hati kita seharusnya mengikuti bentuk kemurahan hati Bapa yang begitu besar kepada anak-anakNya. Kalau Bapa adalah kasih, dan murah hati adalah salah satu produk yang keluar dari hati yang penuh kasih, kalau hidup kita memang dipenuhi Roh Allah, tentu murah hati seharusnya menjadi sesuatu yang natural dalam hidup kita. Orang seharusnya bisa melihat dan merasakan langsung kehadiran Tuhan lewat diri kita, anak-anakNya. Dan sikap murah hati merupakan salah satu buah Roh yang akan bisa dirasakan secara nyata oleh orang lain. Seperti yang saya sampaikan di atas, kemurahan hati tidak hanya bicara soal materi tetapi lebih jauh lagi menyangkut banyak hal. Bukankah keselamatan pun diberikan kepada kita sebagai sebuah anugerah cuma-cuma yang menunjukkan kemurahan hati Tuhan kepada manusia yang tak terukur besarnya?

Hari ini saya ingin menyampaikan beberapa poin yang bisa menjadi titik tolak mengenai murah hati. Mari kita lihat satu persatu.

1. Murah hati yang sejati merupakan kasih karunia dari Allah 

Sebuah ayat berkata: "Sebab Ia berfirman kepada Musa: "Aku akan menaruh belas kasihan kepada siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku mau bermurah hati." Jadi hal itu tidak tergantung pada kehendak orang atau usaha orang, tetapi kepada kemurahan hati Allah." (Roma 9:15-16).

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker