Wednesday, April 24, 2024

Kuasa Di Atas Puji-Pujian : Yosua dan Gideon (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Yosua 6:20
==================
"Lalu bersoraklah bangsa itu, sedang sangkakala ditiup; segera sesudah bangsa itu mendengar bunyi sangkakala, bersoraklah mereka dengan sorak yang nyaring. Maka runtuhlah tembok itu, lalu mereka memanjat masuk ke dalam kota, masing-masing langsung ke depan, dan merebut kota itu."


Generasi muda di masa sekarang mungkin banyak yang tidak tahu bahwa dahulu Jerman sempat dipisahkan oleh tembok selama puluhan tahun. Tembok yang disebut tembok Berlin ini menjadi simbol pemisahan negara tersebut. Pada tahun 1989, terjadilah sebuah peristiwa bersejarah dunia terjadi pada tahun 1989 berkaitan dengan tembok Berlin yang memisahkan Jerman Barat dan Timur ini, yaitu saat tembok ini akhirnya diruntuhkan. Tembok diruntuhkan oleh rakyat di kedua belah sisi yang bersatu dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti palu. Barulah pemerintah kemudian merespon dengan menggunakan buldoser secara resmi hingga akhirnya tidak lagi ada batas antara kedua bagian Jerman tersebut.

Tembok sejak dahulu kala merupakan bagian penting dari peradaban. Bukan saja digunakan sebagai pemisah, tapi di dahulu kala terlebih dipergunakan sebagai benteng. Kota-kota yang sanggup pasti akan melindungi diri dengan dikelilingi oleh tembok kokoh. Maka kuat tidaknya sebuah kota akan sangat tergantung dari kekuatan temboknya dalam menahan serangan musuh.

Jika anda suka menonton film-film baik layar lebar maupun serial televisi yang menyentuh sejarah di jaman dahulu, maka anda tentu akan sering melihat bahwa salah satu strategi dari penyerangan yang terpenting adalah bagaimana dengan cepat bisa menembus dan merontokkan tembok-tembok benteng dari kota yang hendak direbut, diduduki atau dikuasai.

Jauh sebelum kisah tembok Berlin, ada sebuah tembok yang runtuh lewat cara yang ajaib yang dicatat dalam Alkitab. Uniknya, tembok ini diruntuhkan bukan memakai perkakas-perkakas penghancur batu, bukan menggunakan bom, tetapi justru lewat sorak sorai memuji Tuhan. Peristiwa ini terjadi pada tembok Yerikho yang tertulis dalam kitab Yosua, yaitu dalam pasal 6.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker