Tuesday, April 2, 2024

Habakuk (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Sebagai orang percaya, kita harus paham bahwa masalah kejahatan bukan karena dunia yang Tuhan ciptakan ini memiliki kecacatan, melainkan karena manusia sendiri yang di dalam kehendak bebasnya memilih untuk memberontak kepada Allah. Kita bisa lihat di dalam Kitab Kejadian bahwa Tuhan menciptakan dunia dan segala isinya dengan kondisi yang sungguh amat baik. Seluruh ciptaan berada di dalam kasih dan keadilan yang sejati di dalam Tuhan.

Tidak ada kefasikan, kejahatan dan ketidakadilan yang menggerogoti setiap aspek kehidupan yang direncanakan Tuhan atas dunia dan isinya. Namun setelah manusia memilih untuk berpaling dari Allah dan terkekang di bawah jeratan dosa yang mematikan, seluruh tatanan ciptaan pun berubah menjadi kacau. Relasi manusia dengan Allah, manusia dengan sesamanya, dan manusia dengan ciptaan lainnya menjadi rusak dan terus semakin rusak parah. Ketimpangan dan ketidakadilan mulai muncul di mana-mana. Dosa mulai merasuki setiap kehidupan manusia. Kebenaran lambat laun mulai memudar. Akibatnya, hari demi hari kita melihat keadaan sekitar yang makin buruk dan jauh dari kebenaran.

Karena itu, mari kita terus mendoakan bangsa ini agar hukuman Tuhan tidak harus jatuh atasnya. Lantas, mari kita juga menjaga diri kita agar tidak kita tidak ikut tergerus oleh kemerosotan moral dan akhlak. Jangan sampai kita malah ikut terseret semakin jauh dari Tuhan.

Selain itu, dari kisah Habakuk kita dapat belajar bahwa kesesakan yang Tuhan berikan bagi kita adalah salah satu bentuk didikan dan ujian bagi kita. Didikan dan ujian memang tidak menyenangkan dan terkadang bisa terasa sangat menyakitkan, namun semua itu diperlukan agar kita menjadi lebih dewasa, dan ini menuntut kepercayaan kita sepenuhnya kepada Tuhan.

Adakah hari ini anda tengah...

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker