Sunday, April 7, 2024

Ayo Semangat! (4)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Dalam ayat lainnya dikatakan sebagai berikut: "Ada upah yang disediakan Tuhan bagi mereka yang tahan banting dalam membangun usahanya. "Jika pekerjaan yang dibangun seseorang tahan uji, ia akan mendapat upah." (2 Korintus 3:14).

Ayat dalam Perjanjian Baru ini kembali memberi penegasan mengenai hal yang sama. Jadi selain semangat dan hati yang kuat, kita pun harus tahan uji. Mungkin tidak mudah, mungkin butuh pengorbanan, tapi sikapi segala ujian dengan baik dan positif, karena selalu ada upah yang menunggu di ujung sana.

Semangat bisa berfungsi bagaikan bahan bakar yang membuat kita bisa terus maju. Tanggung jawab yang besar ataupun kecil apabila dilakukan dengan antusiasme, gairah dan semangat yang tinggi akan mampu kita selesaikan dengan hasil terbaik. Sebaliknya jangan pernah bermimpi untuk menggapai sesuatu yang besar jika kita sudah kehilangan semangat dalam hidup kita.

Coba bayangkan jika semua penemu luar biasa di masa lalu mudah patah semangat dan gampang menyerah. Bayangkan jika penemu listrik, telepon, berbagai mesin dan lain-lain tidak gigih dan pesimis melihat setiap kegagalan dalam prosesnya. Bayangkan jika para ahli cepat hilang semangat dalam mendalami bidangnya. Dunia yang kita diami bisa sangat berbeda, jauh ketinggalan dibawah pesatnya kemajuan hari ini.

Ingat pula bahwa kehilangan semangat bisa membuat kita membuang-buang banyak waktu hidup kita dengan sia-sia. Mari saya beri contoh. Ada seorang musisi yang bercerita bahwa ia kehilangan waktu lebih dari 10 tahun karena ia sempat kehilangan semangat. Pada saat itu ia sebenarnya sudah hampir mencapai puncak karirnya, tapi kemudian ia kehilangan semangat dan berhenti. Ia menolak berbagai tawaran, ia keluar dari labelnya dan hidup hanya memakai tabungannya. Setelah sepuluh tahun ia pun menyesal. Ia menyadari kesalahannya dan ingin memperbaiki.

Sayangnya 10 tahun yang terbuang itu sudah sangat lama, sehingga bukan saja ia harus kembali menapak dari nol, tetapi untuk mengejar ketertinggalan sudah sangat sulit. Dunianya sudah berubah, pelakunya sudah berganti, sampai saat ini ia masih terus berjuang untuk kembali sukses. Lihatlah bahwa kehilangan semangat bisa sangat merugikan dan mendatangkan konsekuensi yang berat.


(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker