Saturday, September 10, 2022

Pelari Cepat (3)

webmaster | 7:00:00 AM |

 (sambungan)

3. Berlari-lari pada tujuan

Apa yang jadi hadiah bagi pelari cepat dalam perlombaan? Biasanya mereka akan mendapatkan medali dan mengharumkan bangsa, negara atau kota, atau daerahnya, tergantung dari skala pertandingan. Dalam hidup ini kita harus menyadari faktor waktu, tenaga, kemampuan juga kesempatan yang bisa kita manfaatkan untuk melakukan hal-hal yang baik, sehingga keselamatan yang sudah disediakan Tuhan lewat Kristus bagi kita semua di depan sana jangan sampai gagal kita raih.

Jadi, setelah memastikan tidak ada beban yang memberatkan kaki kita untuk melangkah dan mengarahkan pandangan ke depan menuju garis akhir, langkah selanjutnya adalah: mulailah berlari menuju tujuan. Setelah mulai berlari, fokuslah sepenuhnya. Jangan setengah-setengah, jangan maju mundur tapi benar-benar fokus dengan menghitung waktu dan momentum yang ada pada kita.

Selain penguasaan teknik, waktu dan momentum merupakan modal yang sama bagi semua pelari. Tapi bagaimana masing-masing pelari menyikapinya akan sangat menentukan apakah mereka yang keluar menjadi pemenang atau bukan. Sedikit saja pikiran melayang, bahkan sepersekian detik sekalipun, maka itu bisa mempengaruhi bahkan menentukan hasil akhir.

Di depan sana sudah ada hadiah yang menanti. Paulus bilang, hadiah itu adalah "panggilan sorgawi dari Allah dalam Kristus Yesus". (ay 14).

Hadiah itu sudah ada disediakan di depan. Pertanyaannya, apakah kita mampu mencapai garis akhir sebagai pemenang dan memperoleh hadiah itu? Tanpa melepaskan beban masa lalu, tanpa mengarahkan diri kepada apa yang ada didepan, tanpa berlari dengan baik untuk mencapai tujuan, hadiah itu bisa gagal kita peroleh. Itulah sebabnya buat saya apa yang disampaikan Paulus dengan ilustrasi lewat pelari dalam perlombaan ini menjadi sangat baik untuk direnungkan. Ilustrasi sederhana yang mudah dicerna, tapi sangat esensial dalam hal perjalanan hidup kita di dunia yang fana alias sementara untuk menuju destinasi selanjutnya yang kekal.

Teman-teman, kita tidak bisa mengubah masa lalu, dan tidak bisa pula mengubah situasi eksternal. Apapun yang pernah terjadi di masa lalu, dan seburuk apapun realita kehidupan di luar diri kita hari ini, itu ada di luar jangkauan kita. All out of reach. Apa yang bisa kita lakukan adalah mengubah cara kita menerima situasinya pada diri kita. Ingat juga bahwa ikut Tuhan bukan berarti hidup akan selalu lancar dan aman, tapi bersama Tuhan kita tahu bahwa Dia akan selalu ada bersama kita dalam melewati setiap tantangan atau ujian satu demi satu.

Apakah anda siap untuk berlari? Kalau begitu mari sama-sama dengan saya. Kita ambil sikap bersiap yang terbaik, fokus ke depan. On your mark, get set..... let's go!

Winning is about attitude and lifestyle, let us be winners


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker