Wednesday, September 7, 2022

Kurir (2)

webmaster | 7:00:00 AM |

 (sambungan)

Apa yang dilakukan iblis ini sesungguhnya adalah sesuatu yang klasik. Itu adalah jenis pekerjaan atau gugus tugas yang sudah menjadi makanannya sejak semula. Dulu begitu, sampai hari ini pun tetap sama. Iblis akan selalu berusaha dengan segala daya upaya untuk menghalangi, memperlambat laju atau bahkan menggagalkan pesan-pesan Tuhan untuk sampai kepada manusia. Itu bisa ia lakukan lewat gangguan-gangguan ketika kita membaca Alkitab, gangguan disaat kita sedang serius mendengar kotbah di gereja, berusaha memecahkan konsentrasi kita saat berdoa, membuat iman kita lemah dengan berbagai rasa takut, mencoba menggoyahkan keyakinan kita, menggoda kita dengan segala sesuatu yang terlihat menarik namun menyesatkan dan sebagainya. Membuat hal-hal sehingga doa kita terhalang. Pendek kata, ada seribu satu cara iblis untuk menghalangi pesan-pesan Tuhan untuk sampai kepada kita, ada banyak cara mereka untuk menjauhkan kita dari Tuhan dan segala kebenaranNya, dan akan selalu berupaya untuk memutus hubungan kita dengan Tuhan.

Dan akan hal itu Firman Tuhan pun sudah menyebutkannya. Lihatlah ayat berikut ini. "perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara." (Efesus 6:12). Iblis bersama antek-antek atau kroni-kroninya, kaki tangannya, para penguasa, penghulu kegelapan alias roh-roh jahat akan siap menghalangi sampainya pesan-pesan dari Tuhan kepada kita. Mereka ini berlapis-lapis atau bahkan ada tingkatan-tingkatannya,mulai dari pemerintah, penguasa, penghulu dan sebagainya. Iblis siap memutus dan merusak hubungan kita dengan Tuhan lewat manipulasi lewat kelemahan kita. Dia bersembunyi di balik dosa dan pelanggaran kita, mempengaruhi kita agar menjadi lemah dengan berbagai tipu muslihatnya. Dan karena itu, kita diingatkan untuk terus mengenakan perlengkapan senjata Allah agar mampu mengatasinya. (ay 11).

Lalu ingat pula pesan Paulus  yang berbunyi: "dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis." (Efesus 4:27). Memberi kesempatan kepada iblis, kalau bukan sengaja mengundang, kita seringkali tanpa sadar membuka peluang serta kesempatan bagi iblis untuk masuk mempengaruhi kita. Kita memberi toleransi-toleransi terhadap dosa, membuka celah-celah yang bisa dengan mudah dimasuki si jahat.

Itulah sebabnya kita harus benar-benar menjaga agar tidak ada peluang sedikitpun bagi iblis. Jangan biarkan si jahat menghambat laju pesan Tuhan dari KerajaanNya ini agar bisa sampai kepada kita.

Iblis akan selalu berusaha menghalangi kita dengan segala cara untuk mendengar pesan Tuhan. Iblis akan dengan segala daya upayanya memutus hubungan kita dengan Tuhan. Daniel dulu mengalaminya, kita pun bisa menghadapi itu. Tapi lihatlah bagaimana Tuhan  kemudian turut campur lebih jauh agar pesanNya bisa sampai dengan baik kepada Daniel. Tuhan sanggup untuk membuat pesanNya tiba dengan selamat kepada kita. Tetapi ingatlah bahwa kita harus terlebih dahulu mempersiapkan diri kita dengan baik, tetap mengenakan perlengkapan senjata Allah dan tidak memberi kesempatan kepada iblis sama sekali. Lalu hendaklah kita seperti Daniel pula, yang tetap memiliki kerinduan untuk mendapat pengertian dan terus merendahkan diri di hadapan Tuhan. (Daniel 10:12). Sekarang juga, mari pastikan agar pesan Tuhan bisa sampai kepada kita tanpa terhalang atau dihalangi oleh apapun.

Jangan beri ruang dan celah pada iblis dan terus perkuat hubungan kita dengan Tuhan

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker