Tuesday, August 21, 2018

Menyikapi Kemerdekaan Dengan Benar (3)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

Demikian bunyi ayatnya:

"Saudara-saudara, memang kamu telah dipanggil untuk merdeka. Tetapi janganlah kamu mempergunakan kemerdekaan itu sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa, melainkan layanilah seorang akan yang lain oleh kasih." (Galatia 5:13).

Ayat ini sesungguhnya memberikan dasar yang sangat jelas tentang bagaimana kita seharusnya menyikapi kemerdekaan. Kemerdekaan bukan, dan tidak pernah boleh dipakai sebagai kesempatan untuk kehidupan dalam dosa. Kita tidak pernah boleh memanfaatkan kemerdekaan untuk melakukan hal-hal yang jahat, kita tidak pernah boleh merugikan orang lain dengan atas dasar kebebasan. Kita tidak boleh memaksakan kehendak, membenci, apalagi menyakiti dengan alasan kebebasan di era reformasi. Kita tidak boleh memanfaatkan kemerdekaan untuk melakukan berbagai perbuatan yang jahat di mata Tuhan. Jangan sampai karena alasan sudah merdeka, kita berpikir bahwa kita boleh melakukan dosa.

Apa yang harusnya kita lakukan justru mempergunakannya agar kita bisa melayani satu sama lain lebih dari sebelumnya dengan didasarkan atas kasih. Untuk lebih menegaskan lagi, Paulus melanjutkan: "Sebab seluruh hukum Taurat tercakup dalam satu firman ini, yaitu: "Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri!" (ay 14). Kalau kita memiliki prinsip hidup mengasihi sesama seperti diri sendiri, kita tentu tidak akan mau melakukan berbagai hal buruk yang merugikan diri sendiri maupun orang lain atas nama kebebasan. Itu akan bisa menghindarkan kita dari kegagalan atau kekeliruan dalam menyikapi sebuah kemerdekaan.

Benar bahwa Tuhan menyediakan pengampunan untuk dosa kita. Tapi itu bukan berarti bahwa kita boleh memanfaatkan atau menyalahgunakan kasih Tuhan itu sebagai kesempatan untuk terus hidup dalam dosa. Bagaimanapun juga, kita tidak bisa mengelak dari konsekuensi akibat dosa-dosa yang kita lakukan. Dan pada saatnya nanti, segala perbuatan dan perkataan kita haruslah kita pertanggungjawabkan di hadapanNya.

Petrus mengingatkan juga hal yang sama. "Hiduplah sebagai orang merdeka dan bukan seperti mereka yang menyalahgunakan kemerdekaan itu untuk menyelubungi kejahatan-kejahatan mereka, tetapi hiduplah sebagai hamba Allah." (1 Petrus 2:16). Itu pesan Petrus mengenai bagaimana menyikapi kemerdekaan dengan baik dan benar. Pesannya jelas. Kita tidak boleh menyalahgunakan kemerdekaan, apalagi memakai itu untuk menyelubungi/melindungi kejahatan-kejahatan seperti apa yang dilakukan sebagian orang yang masih dengan mudah bisa kita saksikan sampai hari ini. Kita tidak boleh ikut-ikutan seperti itu. Tapi, hiduplah sebagai hamba Allah. Hamba yang taat sepenuhnya kepada tuannya, yang hidup melayani tuannya. Hamba yang tidak akan mengecewakan tuannya dengan melakukan hal-hal dan nilai-nilai kehidupan seperti yang dimiliki tuannya.

Lebih lanjut Petrus mengatakan: "Hormatilah semua orang, kasihilah saudara-saudaramu, takutlah akan Allah, hormatilah raja!" (ay 17).

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker