Monday, August 20, 2018

Menyikapi Kemerdekaan Dengan Benar (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

Karena itu penting bagi kita untuk bisa menyikapinya dengan benar, yaitu dengan berdiri teguh dan jangan mau lagi diperhamba. Diperhamba oleh apa? Oleh berbagai keinginan daging, kebiasaan-kebiasaan buruk di masa lalu, titik-titik lemah kita sebelum kita merdeka, atau perbuatan-perbuatan dosa lainnya yang berasal dari si jahat.

Masalahnya, semua ini memang bisa begitu memikat dan menjanjikan kenikmatan yang akan sulit untuk dihindari kalau kita tidak hati-hati menjaga diri. Karenanya Paulus mengingatkan agar kita "jangan mau lagi" , yang menunjukkan bahwa bagaimanapun semuanya tergantung dari keputusan kita. Apakah kita mau atau tidak untuk benar-benar menyikapi kemerdekaan dengan benar, apakah kita masih mau diperhamba dosa lagi setelah dimerdekakan atau tidak. Kemudian mari kita lihat apa yang dikatakan Yesus berikut ini: "Jadi apabila Anak itu memerdekakan kamu, kamupun benar-benar merdeka." (Yohanes 8:36).

Kembali penegasan kita dapati kali ini langsung dari Yesus sendiri. Bukan merdeka asal-asalan, merdeka ala kadarnya, tapi benar-benar, sepenuhnya merdeka. Ini merupakan sebuah anugerah yang sebenarnya sangat besar yang diberikan bagi kita. Dikatakan anugerah karena hal ini diberikan kepada kita yang sebenarnya tidak layak menerimanya. Kita yang tadinya masih dibawah dosa, kemudian dilayakkan untuk menerima kemerdekaan, pemulihan hubungan dengan Tuhan dan keselamatan lewat penebusan Kristus. Disamping itu, apa yang kita sudah buat bagi Tuhan sehingga kita dianggap layak untuk mendapatkan kemerdekaan dan keselamatan dari Tuhan? Karena itulah ini merupakan anugerah atas dasar kasih karunia Tuhan yang seharusnya kita hargai dengan sangat tinggi.

Manusia punya kehendak bebas yang menunjukkan bahwa Tuhan menciptakan kita bukan sebagai robot melainkan sosok hidup yang sangat Dia kasihi. Untuk membuat kita awas dalam hidup yang berkehendak bebas, Tuhan memberikan kita akal budi yang dapat membedakan mana yang benar dan salah, kita bisa meminta hikmat kepadaNya, dan kita dituntun langsung oleh Roh Kudus dalam menjalani hidup. Seharusnya semua ini lebih dari cukup untuk membuat kita tidak salah dalam menjalani hidup.

Dalam hal penggunaan waktu, bergaul, berusaha/bekerja/berbisnis dan lainnya, Tuhan tidak memperlakukan manusia seperti robot, atau seperti kerbau dicocok hidungnya. Tidak, Tuhan mengasihi kita sehingga Dia memberi kehendak bebas kepada kita. Tapi ingatlah bahwa atas apapun yang kita lakukan, dalam apapun keputusan kita, ada konsekuensi yang menyertainya. Kita bisa hidup sesuai Firman Tuhan, tapi kita bisa pula hidup dalam berbagai bentuk dosa. Kita diberikan kemerdekaan dalam hidup, dan kita sudah benar-benar atau sungguh-sungguh merdeka berkat Yesus. Kita tidak lagi hidup dibawah kuk perhambaan, kita tidak lagi terikat oleh dosa yang berasal dari iblis. Itu adalah jati diri kita sebagai pengikut Kristus. Apakah kita menyikapi kemerdekaan sebagai anugerah yang sangat besar ini dengan baik atau kita menyia-nyiakan, mengabaikan, membuang atau bahkan menolak, itu tergantung dari kita sendiri.

Selanjutnya, setelah kita menyadari benar-benar bahwa kita sudah merdeka sepenuhnya, Firman Tuhan mengingatkan agar hendaklah kita mempergunakan kemerdekaan itu dengan baik dan tidak memanfaatkan itu untuk malah berbuat dosa. Kembali pada kitab Galatia pasal 5 pada perikop yang berjudul "Kemerdekaan Kristen", Paulus mengingatkan betul akan hal ini.

(bersambung)


1 comment :

Yose Suparto said...

BROKER TERPERCAYA
TRADING ONLINE INDONESIA
PILIHAN TRADER #1
- Tanpa Komisi dan Bebas Biaya Admin.
- Sistem Edukasi Professional
- Trading di peralatan apa pun
- Ada banyak alat analisis
- Sistem penarikan yang mudah dan dipercaya
- Transaksi Deposit dan Withdrawal TERCEPAT
Yukk!!! Segera bergabung di Hashtag Option trading lebih mudah dan rasakan pengalaman trading yang light.
Nikmati payout hingga 80% dan Bonus Depo pertama 10%** T&C Applied dengan minimal depo 50.000,- bebas biaya admin
Proses deposit via transfer bank lokal yang cepat dan withdrawal dengan metode yang sama
Anda juga dapat bonus Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover......

Kunjungi website kami di www.hashtagoption.com Rasakan pengalaman trading yang luar biasa!!!

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker