Friday, January 3, 2014

Kapasitas Kantong Kulit Penampung Anggur (1)

webmaster | 11:00:00 PM |
Ayat bacaan: Markus 2:22
====================
"Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula."

Sebagai bagian dari kerinduan untuk mengambil bagian dalam menjaga kelestarian alam, saya dan istri sudah lama memutuskan untuk tidak lagi menggunakan plastik yang disediakan pihak penjual dalam berbelanja. Kami memiliki beberapa kantong/tas ramah lingkungan yang selalu dibawa jika keluar rumah. Pada suatu kali kami berbelanja barang-barang yang kebetulan lumayan berat. Seperti biasa kami mengeluarkan kantongan yang dibawa dari rumah untuk menampung belanjaan, tetapi mungkin karena sudah lama dipakai, tas itu tanpa kami sadari sudah mulai lapuk. Baru saja diangkat, pegangannya putus sehingga isinya pun tertumpah dilantai. Beberapa belanjaan yang rapuh seperti telur pecah sehingga kami harus kembali membeli yang baru.

Hari ini saya teringat kembali akan kejadian itu dan tertarik menggunakannya sebagai ilustrasi dari kapasitas kita dalam menerima berkat-berkat yang dicurahkan Tuhan dari tahtaNya di Surga. Setelah dalam beberapa renungan terakhir kita melihat bahwa Tuhan rindu untuk mencurahkan kasih setia dan rahmatNya baru setiap pagi, Dia ingin selalu memberkati kita dengan berkat-berkat baru, fresh from His Kingdom's oven, pertanyaannya adalah apakah kita memiliki kantong yang cukup untuk menampung curahan berkatNya atau tidak. Ini jarang kita perhatikan karena seringkali kita lebih tertarik untuk meminta dan terus meminta tanpa memperhatikan terlebih dahulu kapasitas atau daya tampung kita sendiri dalam menerima segala sesuatu dari Tuhan. Apakah saat ini anda sudah memiliki kantong-kantong baru yang kuat atau anda masih terus bertahan dengan kantong lama yang usang dan lapuk, gampang sobek jika diisi sedikit saja?

Sangatlah menarik jika kita mengetahui bahwa perumpamaan yang sama sudah disampaikan langsung oleh Yesus sendiri. Itu bisa kita baca dalam ayat berikut. Yesus berkata: "Demikian juga tidak seorangpun mengisikan anggur yang baru ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian anggur itu akan mengoyakkan kantong itu, sehingga anggur itu dan kantongnya dua-duanya terbuang. Tetapi anggur yang baru hendaknya disimpan dalam kantong yang baru pula." (Markus 2:22). Jika anda bingung mengapa Yesus menggunakan contoh kantong kulit dan anggur, mari lihat penjelasan berikut.

Pada masa ketika Yesus mengambil rupa manusia dan turun ke dunia, anggur biasanya disimpan di dalam kantong kulit. Sebuah kantong kulit biasanya akan meregang setelah dimasuki anggur, karena anggur terus mengalami fermentasi. Akibatnya kantong kulit tersebut lama kelamaan mengeras. Bisa dibayangkan jika kantong tua yang sudah mengalami peregangan hingga keras diisi kembali dengan anggur baru. Anggur baru itu akan melanjutkan proses fermentasinya dan itu bisa mengoyak kantong tua yang sudah lapuk. Yang terjadi adalah, anggur akan tumpah terbuang percuma. Terlebih jika sudah terlanjur sobek, kantong itu tidak akan bisa dipergunakan kembali. Apa yang ingin disampaikan Yesus adalah peringatan bahwa kita tidak akan bisa menampung apa-apa lagi kalau wadah yang dipakai sudah terlalu tua dan tidak lagi layak pakai.

Di ayat sebelumnya Yesus juga sudah menyatakan: "Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabiknya, yang baru mencabik yang tua, lalu makin besarlah koyaknya." (ay 21). Bayangkan apabila baju yang anda miliki sudah tua, lapuk lantas sobek, adakah gunanya anda menambalnya meski dengan kain yang baru? Dalam setiap proses tambalan itu anda justru akan semakin memperbesar sobekan pada baju karena baju itu sudah lapuk. Seperti itulah yang terjadi apabila kita tidak menganggap penting untuk terus belajar dan berlatih untuk menjadi lebih baik lagi, dan seperti itulah "kantong-kantong" atau "baju-baju" kita apabila kita terus mempertahankan yang usang dan tidak memiliki yang baru.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker