Saturday, May 5, 2018

Warisan Iman Turun Temurun (3)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)


Warisan berharga turun temurun selama tiga generasi dalam keluarga Timotius ini berbentuk iman. Eunike belajar dan melihat keteladanan dari Lois, lalu keteladanan yang sama ia berikan kepada anaknya. Tidaklah heran kalau Timotius bertumbuh sebagai putra yang membanggakan orang tuanya dan dikenal baik oleh masyarakat ditempatnya tinggal.

Jika peran seorang ibu sangat penting dalam perkembangan jiwa dan kepribadian anak, peran ayah pun tidak kalah pentingnya. Lihatlah ayat berikut ini: "Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu". (Amsal 1:8). Selain mencari nafkah untuk mencukupi kebutuhan keluarga, melindungi istri dan anak-anaknya, seorang ayah wajib pula mendidik anaknya.

Alkitab tidak mengajarkan ayah untuk melepas semuanya kepada ibu sementara ia hanya diluar mencari uang tanpa merasa perlu meluangkan waktu sedikitpun untuk anak-anaknya. Kenyataannya ada ayah-ayah yang 'membagi tugas' dengan ibu. Ibu ngurus anak, ngurus rumah, doa, sementara ayah fokus kerja. Ada fungsi pria menikah sebagai ayah dan teman bagi anak-anaknya lalu fungsi sebagai imam yang tidak boleh ditiadakan. Karena itulah saya selalu mengatakan bahwa seorang superman bukanlah pria yang bisa terbang, gagah perkasa dalam berkelahi, sangat kaya raya dan sejenisnya, tapi adalah pria yang bisa menemukan harmoni dan balance atau keseimbangan dalam berbagai peran wajibnya secara pribadi maupun keluarga.

Selain dari orang tua, peran anggota keluarga lain pun akan membawa pengaruh banyak dalam masa depan anak. Dari contoh mengenai Timotius di atas kita bisa melihat bahwa peran nenek pun punya andil dalam kehidupan kita. Keteladanan yang baik akan diwariskan secara turun temurun, demikian pula contoh buruk, akan diwariskan secara turun temurun.

Firman Tuhan berkata: "Apa yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu." (Ulangan 6:6-9). Disini kita bisa melihat bahwa sebuah keteladanan merupakan bagian yang sangat penting dengan menyampaikan pengajaran Tuhan secara berulang-ulang kepada anak-anak kita.

Mendidik mereka akan budi perkerti, ilmu pengetahuan dan pelajaran-pelajaran lainnya akan sangat baik buat masa depan mereka. Tetapi jangan lupa bahwa mengajarkan mereka tentang firman Tuhan dan menumbuhkan iman mereka sejak dini pun merupakan faktor yang teramat sangat penting yang tidak boleh diabaikan atau ditunda-tunda. Berilah contoh yang baik kepada anak-anak, bukan hanya lewat teori dan perintah, namun yang lebih penting justru dengan keteladanan secara langsung lewat cara, sikap dan gaya hidup kita.

Anak-anak selalu memperhatikan hidup kita tanpa kita sadari, dan contoh perilaku yang baik, hidup yang kudus, penuh kasih, jujur dan serius dalam membangun hubungan dengan Tuhan akan membuat mereka menjadi anak-anak terang yang mengenal pribadi Tuhan sejak usia mudanya.

Sudahkah anda memberi keteladanan yang baik pada mereka? Warisan apa yang kita tinggalkan buat mereka? Seperti apa mereka kelak dikemudian hari akan sangat tergantung dari seberapa baik kita mendidik mereka dan memberi keteladanan langsung lewat segala aspek dalam kehidupan kita.

Wariskan iman dalam pengenalan yang baik tentang Tuhan buat anak-anak kita lewat contoh nyata dari keseharian kita

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Prayer Request

Community

Stats

eXTReMe Tracker