Monday, November 21, 2016

Menjaga Mata (2)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

Dosa-dosa perselingkuhan dan zinah sering berawal dari ketidakmampuan mengendalikan mata. Apakah perzinahan hanya terjadi saat ada hubungan badan diantara pasangan di luar nikah? Perhatikan apa kata Yesus berikut ini: "Kamu telah mendengar firman: Jangan berzinah. Tetapi Aku berkata kepadamu: Setiap orang yang memandang perempuan serta menginginkannya, sudah berzinah dengan dia di dalam hatinya." (Matius 5:27-28). Yesus menegaskan bahwa apabila kita melihat dan menginginkannya saja sekalipun, itu sudah dianggap sebagai sebuah zinah. Memandang atau melihat, itu tentu menggunakan mata.

Dalam kisah lain dalam kitab 1 Raja Raja 21, kita bisa melihat kisah raja Ahab yang menginginkan kebun anggur milik Nabot. Waktu Nabot menolak karena kebun itu merupakan harta pusaka nenek moyang, raja Ahab pun termakan godaan istrinya Izebel untuk membunuh Nabot. Akibatnya pun cukup fatal. Apa yang dilakukan Ahab dikatakan sebagai sebuah hal yang jahat di mata Tuhan. (1 Raja Raja 21:25). Keinginan mata bisa membuat kita serakah ingin menguasai harta orang lain, atau menghamba pada harta agar bisa memiliki harta benda yang mungkin belum saatnya kita miliki. Ini baru dua dari sisi negatif mata yang tidak dijaga dengan baik. Saya yakin setiap kita bisa menambahkan lebih banyak lagi dari pengalaman sehari-hari.

Ayat bacaan hari ini dikutip dari kata-kata Salomo bahwa mata manusia tidak akan pernah puas. "Dunia orang mati dan kebinasaan tak akan puas, demikianlah mata manusia tak akan puas." (Amsal 27:20). Mata kalau dibiarkan akan selalu menuntut lebih alias tidak pernah puas. Karenanya kita memang harus benar-benar mengawasi dan tidak membiarkan mata terus menginginkan sesuatu tanpa pernah puas.

Perhatikan bahwa tidak semua yang diinginkan mata mendatangkan manfaat bagi kita, bahkan bisa menjebak kita untuk tidak lagi hidup sesuai kehendak Allah. Kalau begitu, mata perlu kita awasi baik-baik dan ditundukkan dalam hukum Tuhan. Jika keinginan mata mulai menggoda, berdoalah seperti Pemazmur "Lalukanlah mataku dari pada melihat hal yang hampa, hidupkanlah aku dengan jalan-jalan yang Kautunjukkan!" (Mazmur 119:37)

Dengan mengetahui bahwa serangan kerap masuk lewat mata, marilah kita selalu menjaga mata kita dari berbagai keinginan-keinginan yang sifatnya duniawi agar kita tidak tersandung ke dalam jebakan dosa dan ikut hilang bersama dunia yang sedang lenyap bersama keinginan-keinginannya. Kita harus mewaspadai berbagai hal yang berpotensi menjauhkan kita dari kebenaran yang pada suatu ketika membinasakan kita selamanya, dan salah satunya adalah mata.

"The eyes are the window of the soul", guard them carefully

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

2 comments :

Given said...

Semoga web ini terus memberitakan injil Tuhan yang sesuai dengan kehendak Nya,GBU

Given said...

Semoga web ini terus memberitakan injil Tuhan yang sesuai dengan kehendak Nya,GBU

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker