Monday, November 7, 2016

Hewan dengan Sistem Pertahanan Unik (1)

webmaster | 11:00:00 PM |
Ayat bacaan: Ayub 12:10
===================
"Dia mengatur hidup segala makhluk yang ada; Dia berkuasa atas nyawa setiap manusia." (BIS)

Pernahkah anda mendengar salah satu spesies kadal yang disebut dengan The Texas Horned Lizard? Kadal ini termasuk jarang terlihat karena warnanya sangat nge-blend dengan lingkungan dimana ia berada, yaitu gurun. Kadal ini punya sistem pertahanan yang sangat unik dan bukan cuma satu. Ia bertanduk dan punya duri-duri tajam di kepalanya yang seharusnya bisa lumayan melindungi dari serangan predator. Tapi yang sangat mencengangkan adalah sistem pertahanan terakhirnya yang buat saya tergolong menyeramkan. Saat terdesak, pertahanan terakhirnya adalah menyemprotkan darah keluar dari matanya!

Darah yang keluar bukanlah darah-darahan atau darah tiruan melainkan benar-benar darahnya sendiri. Cukup beresiko karena sekali semprot kadal ini bisa kehilangan darah sekitar sepertiganya, tapi semburan darah bisa sangat mengagetkan predator dan menyelamatkan kadal ini dari para pemangsanya. Lantas ada juga seekor kodok aneh yang berbulu yang ditemukan di Afrika. Tidak seperti kodok lainnya, kodok ini saat terancam bisa mematahkan tulang-tulang jarinya sendiri, menembus kulit sehingga terlihat seperti kuku-kuku tajam. Sakitkah? Mungkin, saya tidak tahu pasti. Tapi yang pasti, sistem pertahanan ini terbukti ampuh menyelamatkan mereka dari kepunahan.

Ada begitu banyak hewan lainnya yang punya defense system atau sistem pertahanan unik. Mulai dari yang bisa membunuh seperti kumbang pembombardir yang menyemprotkan cairan kimia panas beracun hingga yang lucu seperti hewan mamalia opossum yang bisa pura-pura mati agar tidak dimangsa. Hewan-hewan ini relatif kecil ukurannya dibanding predator-predator apex, tapi Tuhan melengkapi mereka dengan sistem pertahanan yang sangat luar biasa.

Melihat bagaimana hebat dan kreatifnya Tuhan menciptakan sistem perlindungan pada hewan-hewan yang lemah dari segi ukuran dan persenjataan, apakah kita sudah menyadari kehebatan Tuhan itu? Ayub tampaknya memikirkan hal itu, terutama ketika Ayub menyinggung tentang burung unta atau ostrich. Burung unta bukanlah jenis burung yang memiliki figur ibu yang baik. Ayub mencatat bahwa burung unta ini bagai tidak punya kasih sayang terhadap anaknya sendiri. "Sebab telurnya ditinggalkannya di tanah, dan dibiarkannya menjadi panas di dalam pasir, tetapi lupa, bahwa telur itu dapat terpijak kaki, dan diinjak-injak oleh binatang-binatang liar. Ia memperlakukan anak-anaknya dengan keras seolah-olah bukan anaknya sendiri; ia tidak peduli, kalau jerih payahnya sia-sia." (Ayub 39:17-19).

Meski punya sifat buruk seperti itu, tapi lihatlah keistimewaan burung unta menurut yang ditulis oleh Ayub. "Apabila ia dengan megah mengepakkan sayapnya, maka ia menertawakan kuda dan penunggangnya." (ay 21). Burung unta sanggup lari melebihi kecepatan kuda. Itu keistimewaan burung unta yang tentu akan sangat bermanfaat untuk melepaskan diri dari sergapan predator. Perhatikanlah hewan-hewan yang secara fisik tergolong lemah dan rentan terhadap serangan pemangsa tetapi Tuhan memberikan keistimewaan bagi mereka untuk mempertahankan diri.

Pemikiran saya pun kemudian sampai pada satu kesimpulan dalam kaitannya dengan kita manusia. Jika hewan-hewan ini bisa mendapatkan karunia dari Tuhan untuk melindungi atau menyelamatkan dirinya, apalagi manusia yang Dia ciptakan secara istimewa seperti rupa dan gambarNya sendiri.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker