Friday, July 21, 2023

Tunas Baru dari Kayu Mati (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: Bilangan 17:8
===================
"Ketika Musa keesokan harinya masuk ke dalam kemah hukum itu, maka tampaklah tongkat Harun dari keturunan Lewi telah bertunas, mengeluarkan kuntum, mengembangkan bunga dan berbuahkan buah badam."


Ada orang-orang yang disebut 'bertangan hijau', yang menggambarkan bahwa mereka ini klop dengan tanaman. Apapun yang mereka tanam tumbuh subur dan indah. Tanaman bunga akan mengeluarkan bunga-bunga yang menawan hati, tanaman buah akan menghasilkan buah-buah yang ranum. Tetangga saya seorang ibu yang tinggal sendiri, dan ia bertangan hijau. Apapun yang ditanamnya selalu berhasil, padahal ia tidak pernah memberi pupuk. Belum lama ini ada buah naga terlihat menggantung dari rumahnya, dan itu menarik perhatian anak saya. Maklum, papanya tidak termasuk bertangan hijau. Jangankan buah, tanaman saja jarang yang bertahan hidup lama meski sudah diusahakan. Melihat anak saya tertarik, si ibu kemudian membagi dua buah naga itu dan mereka makan bareng.

Entah kenapa, saya hampir selalu gagal dalam urusan tanaman. Saya ingat saya pernah menanam pohon buah dan awalnya sepertinya akan berhasil. Awalnya pohon ini berdaun lebat dan cepat sekali tumbuhnya. Suatu hari saya mencoba merapikan, memotong dahan-dahan agar tidak terlalu tinggi, dan katanya kalau mau tanaman tumbuh subur harus dirapikan sering-sering. Eh, pohon ini setelah dirapikan malah mati. Tidak lagi ada daun disana, batangnya menjadi kering dan memucat. Ya sudah, gagal lagi deh... kata saya dalam hati.

Ada banyak hal yang mengakibatkan matinya tanaman. Bisa karena hama termasuk jamur yang membunuh akar di dalam tanah, bisa karena sulit mendapat air, kepanasan, kurang cukup mendapat perawatan dan sebagainya. Yang jelas, kita tidak lagi bisa mengharapkan tanaman yang sudah mati untuk bertunas, memunculkan daun apalagi buah. Membedakan tanaman yang masih hidup dan sudah mati tentu tidak sulit karena bisa dilihat dengan kasat mata.

Antara orang yang masih hidup dan sudah meninggal pun tentu berbeda. Orang yang sudah meninggal tidak akan merespon kontak dari kita lagi, tidak lagi berinteraksi, tidak lagi ada denyut nadi dan detak jantung. Secara fisik tubuh pun akan kaku, lalu akan segera mengalami prosesnya. Antara orang yang hidup dan tidak tentu jelas bedanya. Tapi anehnya, ada banyak orang pula yang meski raganya masih hidup, mereka seperti 'mati.'

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker