Tuesday, July 11, 2023

Pilihan Salomo (3)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Pada suatu malam di Gibeon, sebuah tempat pengorbanan yang paling besar dimana Salomo mempersembahkan seribu korban di mezbah, ia diberikan sebuah kesempatan emas untuk meminta sesuatu dari Tuhan secara langsung.

"Di Gibeon itu TUHAN menampakkan diri kepada Salomo dalam mimpi pada waktu malam. Berfirmanlah Allah: "Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu." (1 Raja-Raja 3:5).

Wow. Bukan main besarnya hadiah dari Tuhan ini. Jika itu terjadi pada diri anda, anda bakal minta apa? Mungkin pilihan-pilihan dalam ilustrasi saya di awal bisa langsung muncul di kepala kita. Dan biasanya kebingungan muncul karena kita cenderung memilih apa yang paling menguntungkan buat kita atau keluarga, bukan untuk orang lain.  "Saya saja masih kurang, masa harus mikirin orang lain dulu?" Begitu mungkin reaksi sebagian orang kalau mendapat kesempatan emas seperti Salomo. Atau, nanti minta saja sebanyak-banyaknya, lebihnya bisa dibagikan. Saya janji! Mungkin itu pula yang muncul di benak kita.

Hebatnya, atau mungkin lebih tepatnya, anehnya, Salomo ternyata mengambil keputusan yang mengejutkan. Sesuatu yang mungkin tidak lazim dipilih ketika berhadapan dengan satu kesempatan seumur hidup untuk mendapatkan sebuah permintaan yang bisa langsung dikabulkan. Ketika mendapat kesempatan luar biasa, Salomo ternyata tidak meminta kekayaan atau panjang umur. Ia tidak minta berkat materi dan tidak meminta hal-hal yang berhubungan dengan pemuasan dirinya sendiri. Apa yang ia minta tidak lain adalah HIKMAT.

Banyak orang mungkin berpikir, bisa minta kekayaan, kemakmuran, ketenaran atau umur panjang, keamanan negeri dan diri dari gangguan penjahat, masa mintanya hikmat? Untuk apa memangnya hikmat itu?

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker