Monday, July 31, 2023

Kisah Bartimeus (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Akan hal ini, hari ini mari kita lihat kisah tentang seorang pengemis buta bernama Bartimeus yang dicatat dalam Markus 10:46-52. Bartimeus adalah seorang tuna netra. Karena kondisinya sulit baginya untuk bekerja, sehingga ia pun terpaksa mengemis untuk bertahan hidup.

Pada suatu hari lewatlah Yesus  tepat didekatnya. "Ketika didengarnya, bahwa itu adalah Yesus orang Nazaret, mulailah ia berseru: "Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!" (Markus 10:47).

Bartimeus cuma seorang pengemis buta. Kondisi seperti itu bagi masyarakat saat itu dianggap terlalu rendah sehingga tidak pantas untuk berteriak-teriak memanggil Yesus. Karena itu mereka lantas memarahinya. "Banyak orang menegornya supaya ia diam." (ay 48a).  Kasihan benar Bartimeus. Bukannya berhenti karena dimarahi, Bartimeus malah mengencangkan suaranya lebih lagi. "Namun semakin keras ia berseru: "Anak Daud, kasihanilah aku!" (ay 48b).

Saya yakin Bartimeus sadar bahwa itu kesempatan baginya, yang mungkin tidak akan terulang lagi. Imannya membuatnya tidak menyerah. Ia tahu bahwa Yesus adalah jawaban atas permasalahan yang ia alami. Logika, pendapat orang  dan lain-lain semua ia kesampingkan. Mau dibilang lancang, tidak sopan, tidak pantas, dia tidak peduli. Ia hanya peduli pada satu hal: mendapatkan perhatian Yesus. Maka ia mengencangkan imannya lebih dari sebelumnya. Maka Bartimeus pun terus memanggil Yesus.

Saya rasa ditengah keriuhan dalam keramaian, tidak mudah bagi Bartimeus untuk berusaha agar suaranya bisa didengar Yesus. Belum lagi ia dimarahi dan ditegur saat suaranya dirasa mengganggu. Jadi saya membayangkan, betapa keras usahanya melawan semua itu agar suaranya bisa terdengar oleh Yesus.

Ternyata teriakannya itu mendapat respon dari Yesus. Yesus pun lalu menyuruh orang-orang disana untuk memanggilnya. Mendengar itu, Bartimeus segera menanggalkan jubahnya dan bergegas menuju Yesus. Ketika mereka bertemu muka, ini dialog antara mereka.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker