Wednesday, July 5, 2023

Hikmat (5)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (Sambungan)

Mari cermati bahwa takut akan Tuhan disini bukan seperti takut hantu atau bentuk-bentuk ketakutan lainnya, tetapi lebih kepada rasa hormat dengan menjaga perilaku sesuai ketetapan Tuhan agar tidak mengecewakanNya.

Ada rangkaian ayat lainnya mengenai hikmat yang juga saya anggap sangat penting, yaitu dalam Amsal 3:13-14
"Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas."

Bagi sebagian orang, emas merupakan bukti kesuksesan dan kebahagiaan. Emas bisa menjadi penunjuk status seseorang. Ada suku-suku yang turun temurun menjadikan emas sebagai ukuran status. Semakin banyak emas yang menghiasi tubuh, itu artinya status orang itu pun semakin tinggi. Dalam kaitan emas dengan ukuran kekayaan menurut alam persepsi dunia, kekayaan harta dipercaya bisa menjamin kebahagiaan dan kemakmuran. Tidak heran jika ada banyak orang yang tidak ada habisnya mati-matian menumpuk harta dengan berbagai cara, baik lewat bekerja nonstop dan menomorduakan keluarga hingga bentuk-bentuk kecurangan seperti korupsi dan sebagainya. Dan banyak pula orang yang menyimpan hartanya dalam bentuk emas, karena dipercaya tidak se-labil uang yang nilai tukarnya bisa naik turun dengan ekstrim.

Dunia boleh saja mengagungkan harta, tapi penulis Amsal justru mengajarkan hal yang berbeda. Dikatakan, "Berbahagialah orang yang mendapat hikmat, orang yang memperoleh kepandaian, karena keuntungannya melebihi keuntungan perak, dan hasilnya melebihi emas." (Amsal 3:13-14). Perhatikanlah, Alkitab kembali menyatakan bahwa bukan permata, bukan harta, bukan emas dan perak, tapi hikmat adalah hal yang bisa menjamin kebahagiaan. Hikmat ini dikatakan jauh lebih bernilai dibandingkan harta, karenanya inilah yang harus kita prioritaskan untuk dicari, dikejar dan dimiliki dalam perjalanan hidup kita.

(Bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker