Tuesday, July 4, 2023

Hikmat (4)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (Sambungan)

Apakah hikmat itu? Hikmat adalah kebijaksanaan, kemampuan untuk hidup bijaksana dan akan selalu belajar dari setiap langkah. Hikmat adalah sebuah bentuk pengenalan akan Tuhan dan hidup dalam pengendalian Tuhan, dan memiliki kemampuan untuk membedakan hal yang baik dan buruk, yang mana yang paling berharga untuk diperoleh dan mana yang tidak.

Hikmat tidaklah sama dengan kecerdasan atau intelektual. Orang dengan indeks prestasi tinggi, punya banyak gelar dan setinggi langit sekalipun tidak menjamin bahwa mereka punya hikmat dalam hidupnya. Anda bisa membeli permata atau batu mulia lainnya yang paling indah jika anda punya uang yang cukup untuk itu kapan saja, tetapi dalam sekejap mata pun harta anda termasuk permata itu dapat lenyap. Selain daripada itu, hikmat adalah sesuatu yang tidak dapat dibeli, tidak dapat dicari, tidak dapat dicuri, dan tidak akan lenyap. Itu sebabnya hikmat ini lebih berharga dari permata.

Pertanyaan selanjutnya, dari mana kita bisa memperoleh hikmat? Alkitab menyebutkan dengan jelas bahwa "Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian." (Amsal 9:10).

Hikmat itu ternyata bermula dari takut akan Tuhan, dan akan anda dapati dengan selalu memperkaya diri anda dengan kebenaran firman. Dalam Amsal 15:33 juga dikatakan "Takut akan TUHAN adalah didikan yang mendatangkan hikmat, dan kerendahan hati mendahului kehormatan."

Itu artinya kita tidak perlu menunggu hingga ubanan atau berusia lanjut untuk menjadi seorang yang bijaksana, karena hikmat itu sesungguhnya datang dari Tuhan. Banyak orang tidak berhikmat bukan karena dia bodoh atau kurang terpelajar tapi karena tidak memiliki rasa takut akan Tuhan. Ada banyak orang mungkin sudah sangat terpelajar tetapi tidak mau mengenal Tuhan, dan akibatnya mereka pun tidak memiliki hikmat dalam hidupnya.

(Bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker