Wednesday, July 12, 2023

Pilihan Salomo (4)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Untuk apa memangnya hikmat itu?  Salomo menjelaskan alasannya dengan lengkap saat menjawab tawaran Tuhan. Katanya: "Maka sekarang, ya TUHAN, Allahku, Engkaulah yang mengangkat hamba-Mu ini menjadi raja menggantikan Daud, ayahku, sekalipun aku masih sangat muda dan belum berpengalaman. Demikianlah hamba-Mu ini berada di tengah-tengah umat-Mu yang Kaupilih, suatu umat yang besar, yang tidak terhitung dan tidak terkira banyaknya.Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang faham menimbang perkara untuk menghakimi umat-Mu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat, sebab siapakah yang sanggup menghakimi umat-Mu yang sangat besar ini?" (ay 7-9).

Bukankah itu luar biasa? Berapa banyak dari kita yang akan berpikir seperti Salomo saat mendapat kesempatan yang sama? Saya rasa bakal sangat sedikit dan jarang, mungkin juga tidak ada lagi yang bakal seperti itu ditengah kondisi dunia saat ini.

Saya mau ajak teman-teman untuk melihat beberapa poin dari kisah ini.

1. Salomo tidak meminta untuk kepentingan dirinya. Yang ia minta adalah sesuatu yang berhubungan dengan apa yang digariskan Tuhan untuk ia kerjakan. Salomo meminta hikmat, meminta kebijaksanaan memenuhi dirinya ternyata bertujuan agar ia mampu membedakan mana yang baik dan jahat, benar dan salah, supaya ia mampu menimbang perkara dan memutuskan dengan benar.

2. Sikap luar biasa seperti itu bisa dimiliki Salomo karena ia membangun kualitas dirinya dengan berpegang pada kebenaran yang diajarkan oleh ayahnya, dan ia mengasihi Tuhan dengan sangat serius. Bukan ala kadarnya, bukan asal-asalan, bukan main-main, tapi sangat serius.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker