Saturday, July 15, 2023

Pilihan Salomo (7)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Jika kita mundur satu generasi sebelumnya, ternyata ayah Salomo, Daud, sudah mengetahui pentingnya hikmat ini dalam hidup. Sebelum Salomo menulis tentang permulaan hikmat dalam Amsal 9:10 yang sangat terkenal itu yang berbunyi "Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, dan mengenal Yang Mahakudus adalah pengertian.",  Daud sudah menyatakan dari mana hikmat itu bermula. "Permulaan hikmat adalah takut akan TUHAN, semua orang yang melakukannya berakal budi yang baik. Puji-pujian kepada-Nya tetap untuk selamanya." (Mazmur 111:10).

Salomo tampaknya belajar dari ayahnya dan menjalani hidupnya sesuai ketetapan ayahnya. Itu membuatnya tumbuh berbeda dari kebanyakan orang.

Dengan hikmat yang berawal dari takut akan Tuhan, kita akan mendapat pengertian, kita akan menjadi bijaksana dan bisa mengetahui mana yang benar dan mana yang salah, tidak peduli apapun bentuk kemasan dan samarannya. Tersamarkan atau kasat mata, kita akan bisa membedakan keduanya jika kita memiliki hikmat. Betapa pentingnya hikmat ini agar kita tidak salah jalan, terperangkap, tersandung, jatuh melainkan tetap mengambil keputusan benar dalam berjalan menggenapi rancangan Tuhan dalam hidup kita. Itulah sebabnya mengapa hikmat ini jauh lebih bernilai ketimbang emas, perak, permata atau keinginan/kekayaan lainnya yang pernah kita impikan.

Seandainya pilihan seperti kepada Salomo diberikan Tuhan kepada anda, jangan sampai salah menentukan pilihan. Lupakan segala kenikmatan-kenikmatan daging karena semua itu bukanlah yang terutama, melainkan pilihlah sebuah pilihan yang berkenan bagi Tuhan. Hikmat merupakan pilihan bijaksana yang bernilai tinggi di mata Tuhan. Karenanya berbahagialah orang yang mendapat hikmat, dan berbahagialah semua yang menganggap tinggi pentingnya hikmat dalam menjalani hidup.

"Knowlege comes, but wisdom lingers." - Alfred Lord Tennyson, pujangga Inggris

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker