Sunday, August 21, 2016

Karya Nyata bagi Kesejahteraan Bangsa (4)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Kemerdekaan sudah kita capai 71 tahun yang lalu. Selanjutnya tugas setiap anak bangsa adalah untuk mengisi kemerdekaan itu dengan sekuat kemampuannya di jamannya masing-masing. Panggilan kepada kita, orang-orang percaya sesungguhnya jelas. Kita harus berbuat sesuatu setidaknya mulai berpikir apa yang bisa kita berikan demi kesejahteraan negeri kita. Talenta sudah disediakan Tuhan, kita tinggal menemukan, mengasah dan mempergunakannya.

Siapapun kita pasti punya sesuatu yang bisa kita sumbangkan untuk negara ini. Kalau negara sepertinya terlalu besar, kita bisa memulainya dari lingkungan tempat tinggal kita terlebih dahulu. Besar kecilnya kontribusi kita bukanlah masalah, yang penting kita sudah mempergunakan segala yang diberikan Tuhan untuk mulai melakukan sesuatu yang positif untuk bangsa ini.

Kalau kita melihat tugas pertama yang disampaikan oleh Tuhan maka kita seharusnya akan semakin paham akan hal ini. "Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." (Kejadian 1:28). Manusia sedianya tidak diciptakan untuk hanya bermalas-malasan menikmati segala kebaikan yang telah disediakan Tuhan untuk kepentingannya sendiri. Kita semua sudah diberi tugas-tugas sesuai panggilan kita masing-masing, ada pertanggungjawaban kelak yang akan dimintai Tuhan setelah waktu kita di dunia ini selesai, termasuk di dalamnya pertanggungjawaban akan sejauh mana kita sudah berbuat yang terbaik demi kesejahteraan bangsa kita.

Berdoa bagi bangsa itu merupakan hal yang sangat penting, tetapi memberi kontribusi lewat karya nyata pun merupakan kewajiban setiap orang percaya yang tidak kalah pentingnya. Marilah kita sama-sama memeriksa diri kita dan temukan apa yang bisa kita pakai atau sumbangkan untuk kesejahteraan negeri kita, dan mulailah mempergunakannya sekarang juga. Kita bisa mulai dari yang terkecil dulu di lingkungan kita. Kita mungkin mengira bahwa apa yang kita lakukan itu terlalu kecil untuk berkontribusi bagi kesejahteraan kota apalagi bangsa dan negara, tetapi siapa yang meragukan kalau Tuhan bisa memakainya untuk sesuatu yang luar biasa?

Jangan bermimpi dulu untuk memiliki negara yang sejahtera sebelum kota yang kita tinggali sejahtera, dan jangan berpikir kota bisa sejahtera jika anak-anak Tuhan di dalamnya tidak peduli sama sekali. Kalau begitu, sudahkah kita berfungsi dengan benar dan peduli terhadap kelangsungan negeri ini? Sudahkah anda menemukan apa yang sebenarnya menjadi panggilan anda untuk membenahi negeri kita yang tercinta ini? Kalau belum, periksalah. Kalau sudah tapi masih tumpul, asahlah hingga tajam. Kalau sudah tajam, pastikan itu sudah anda pergunakan untuk bangsa dan negara.  Tidak ada hal yang terlalu sepele untuk dikerjakan jika kita melakukannya dengan sungguh-sungguh. Tidak ada pula hal yang sia-sia karena Tuhan menghargai benar segala sesuatu yang kita lakukan demi kemuliaanNya.

Mulailah berbuat sesuatu yang berguna bagi peningkatan kesejahteraan bangsa ini selagi waktu masih ada dan teruslah doakan. Sejauh mana peran orang-orang percaya akan sangat menentukan kemana negara ini akan menuju. Selamat Hari Kemerdekaan buat teman-teman sekalian! Let's do something today and never stop praying for the city and nation where we live today.

"Do something now. If not you, who? If not here, where? If not now, when?" - Theodore Roosevelt

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker