Friday, August 19, 2016

Karya Nyata bagi Kesejahteraan Bangsa (2)

webmaster | 10:00:00 PM |
(sambungan)

Mari kita lihat ayat ini lebih dalam. Pertama, dari segi urutan kata. "Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, DAN berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN..." Kata "dan" pada ayat ini menunjukkan adanya dua aktivitas berbeda tetapi saling berhubungan. Yang ditempatkan di depan adalah "Usahakanlah kesejahteraan kota" , baru "berdoalah untuk kota itu kepada Tuhan." Artinya terlepas dari panggilan kita sebagai anak Tuhan untuk terus memanjatkan doa syafaat atas kota, bangsa dan negara kita, termasuk para pemimpin di dalamnya, adalah sangat penting pula bagi kita untuk melakukan sesuatu secara nyata demi kesejahteraan kota dimana kita tinggal.

Harusnya gereja-gereja mengerti betul akan hal ini. Ironisnya, tidak banyak gereja yang mau keluar dari balik dinding-dindingnya untuk menjangkau kehidupan di luar tembok gereja dengan melakukan sesuatu secara nyata. Mereka lebih suka berada di dalam tembok ketimbang di luar. Selain melakukan 'garam menggarami garam', banyak gereja hari ini bahkan masih belum bisa menyelesaikan urusan rumah tangganya sendiri. Mereka masih belum mampu mengatasi perbedaan dan mengedepankan persatuan yang jelas sangat diperlukan untuk bisa membawa perubahan-perubahan berarti di luar sana.

Sekali lagi, mendoakan itu perlu dan sesuai firman Tuhan. Itu wajib. Tetapi firman Tuhan dalam Yeremia 29:7 mengajak kita untuk kembali menyadari apa yang sebenarnya diinginkan Tuhan untuk kita lakukan. Seberapa jauh gereja dan jemaatnya, umat-umat Tuhan, orang-orang percaya, murid-murid Yesus hari ini mau berfungsi nyata dalam kehidupan disekitarnya demi mengusahakan kesejahteraan kota seperti panggilan Tuhan itu?

Mendoakan itu sangat penting. Doa punya kuasa yang luar biasa, apalagi jika dilakukan oleh orang benar. (Yakobus 5:16b). Tapi sebuah tindakan nyata yang aktif juga merupakan sesuatu yang sangat penting untuk kita pikirkan dan lakukan, begitu pentingnya bahkan kata "usahakan" itu diletakkan di depan.

Selanjutnya mari kita fokus kepada kata "mengusahakan". Kalau kita lihat dalam kamus, kata "mengusahakan" menurut kamus bahasa Indonesia mencakup hal-hal berikut:

- mengerjakan/menciptakan sesuatu
- mengikhtiarkan (berpikir dalam-dalam untuk mencari solusi)
- berusaha sekeras-kerasnya dalam melakukan sesuatu

Dari ketiga definisi di atas jelaslah bahwa mengusahakan bukan sebuah hal yang sepele. Jika Tuhan meminta kita untuk mengusahakan kesejahteraan kota dimana kita ditempatkan, itu artinya ketiganya harus mendapat perhatian penting bagi kita. Pola pikir diarahkan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup kita dan keluarga saja tetapi berbuat sesuatu sebagai bagian dari kontribusi dan peran serta kita secara aktif untuk pembangunan kesejahteraan di manapun kita ditempatkan.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker