Saturday, July 9, 2016

Siap Sedia Setiap Waktu (1)

webmaster | 8:00:00 AM |
Ayat bacaan: 2 Timotius 4:2
========================
"Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran."

Ada banyak teman saya yang aktif bermusik. Main di wedding, event musik sampai festival. Ada yang punya manajer, ada yang masih merintis dan menjalankan sendiri fungsi manajerialnya. Sukses atau tidaknya mereka akan terlihat dari kesiapan mereka. Band atau musisi yang siap kapan saja saat ada yang minta main akan dapat job lebih banyak dibanding mereka yang kurang atau tidak siap. Tidak siap bagaimana? Biasanya mereka jarang latihan dan hanya latihan saat ada jadwal main. Ketika ada job dadakan dengan waktu mepet, mereka pun harus menolak karena tidak punya cukup waktu latihan. Ada yang sibuk kerja, mereka ini pun susah menyesuaikan jadwal. Bagi mereka yang fokus nge-band, ajakan main mendadak tidak akan menjadi masalah karena mereka siap. "Ready or not, siap atau tidak, kita ambil. Karena kita memang mau serius berprofesi disini", ujar seorang teman pada suatu kali. Kesiapan mereka, mau waktu persiapan santai atau mepet, waktunya baik atau tidak, itulah yang seringkali menjadi salah satu faktor penentu maju tidaknya karir mereka ke depan.

Bagaimana dalam hal menjalankan tugas mulia mewartakan berita mengenai Yesus? Seringkali kita punya ribuan alasan untuk menolak memberitakan kabar gembira kepada orang. Segala keterbatasan pun akan mudah kita berikan. Takut, tidak tahu caranya, tidak mengerti terlalu banyak, tidak pintar ngomong, sudah terlalu sibuk dan lain-lain, termasuk alasan waktunya kurang tepat, sedang tidak pas. Padahal seringkali bukan waktunya yang tidak pas, tapi kitanya lah yang tidak siap. Padahal cara-cara sederhana seperti menyampaikan kesaksian tentang hal-hal yang kita alami langsung pun bisa sangat efektif untuk menceritakan kebenaran. Kalau kita tidak siap, kita tidak akan bisa merespon saat Tuhan membawa jiwa datang pada kita. Kesempatan untuk membawa jiwa menuju pertobatan pun akan terlewatkan sia-sia.

Berkenaan dengan hal ini, ada sebuah pesan dari Paulus yang amat penting. "Beritakanlah firman, siap sedialah baik atau tidak baik waktunya, nyatakanlah apa yang salah, tegorlah dan nasihatilah dengan segala kesabaran dan pengajaran." (2 Timotius 4:2). Mengacu kepada pesan ini, kita bisa melihat bahwa tugas untuk menyampaikan firman itu bukanlah hanya di saat kita punya waktu saja, atau ketika memungkinkan, tetapi harus senantiasa mengikuti hidup kita. Baik atau tidak baik waktunya, kita harus selalu siap sedia.

Dan pesan ini penting adanya, karena sesaat sebelum Tuhan Yesus naik ke Surga, Dia pun menyampaikan sebuah Amanat Agung yang wajib dilaksanakan oleh semua orang yang beriman kepadaNya. "Yesus mendekati mereka dan berkata: "Kepada-Ku telah diberikan segala kuasa di sorga dan di bumi. Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28:18-20). Lihatlah bahwa kita tidak melakukannya sendirian, tetapi ada penyertaan Tuhan yang memampukan kita untuk melakukan itu.

 Kembali kepada 2 Timotius 4:2, perhatikan pula bahwa Tuhan bilang kita harus siap sedia. Itu artinya kesempatan dan orang-orang untuk kita tuntun bisa datang kapan saja, dan itu Tuhan yang bukakan. Karena dari Tuhan dan waktunya bisa kapan saja, kita harus siap sedia. Bukan bisa atau tidak, tapi bersedia atau tidak, itulah yang penting.

(bersambung)


No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker