Friday, July 29, 2016

Pentingnya Manajemen Waktu (3)

webmaster | 8:00:00 AM |
(sambungan)

Waktu sama-sama 24 jam sehari. Ada orang yang berhasil mempergunakannya secara maksimal, ada yang masih kurang baik memanfaatkannya, ada pula yang menyia-nyiakannya. Ada yang sukses berjalan dalam rentang waktu itu, ada juga yang gagal. Apa yang seringkali berpengaruh antara sukses dan gagal ini adalah sejauh mana kita pintar memanajemen waktu yang ada dengan baik. Ada banyak faktor yang bisa berperan terhadap manajemen waktu ini seperti salah satunya sikap mental kita dalam menyikapi pentingnya mengatur waktu dengan baik.

Mentalitas yang buruk akan selalu mencari ribuan bahkan jutaan alasan untuk tidak memanfaatkan waktu dengan maksimal. Tetapi jika kita berkomitmen untuk mau melakukannya, minimal mulai memikirkannya, maka tidak ada satu alasan pun yang bisa menghentikan kita. Sikap mental yang suka menunda-nunda pekerjaan pun merupakan salah satu hambatan yang harus dikikis sedini mungkin. Betapa seringnya kegemaran seperti ini bukannya baik tapi hanya akan merepotkan kita, membuat kita kelabakan pada akhirnya. Waktu berlalu dengan kecepatan yang sama, jumlah yang diberikan pun sama bagi setiap orang dari dulu hingga kini sampai nanti.

Daripada sibuk meminta waktu lebih lagi, daripada berkeluh kesah waktu terlalu sedikit, kita bisa membalik pertanyaan kepada diri kita dengan "bagaimana saya bisa mempergunakan waktu secara maksimal dengan perencanaan yang baik dan seimbang." Firman Tuhan berkata: "Apapun juga yang kamu perbuat, perbuatlah dengan segenap hatimu seperti untuk Tuhan dan bukan untuk manusia." (Kolose 3:23). Apapun juga yang kamu perbuat, itu artinya berlaku secara luas, bukan hanya sebatas pekerjaan saja, tetapi meluangkan waktu bersama keluarga, saudara dan kerabat, berolah raga, beristirahat dan tentu saja melayani, itu pun aktivitas-aktivitas yang seharusnya kita isi dengan sebaik-baik yang kita mampu seperti untuk Tuhan.

Kuncinya adalah manajemen waktu, Kita harus memperhatikan betapa kita harus pintar menyusun perencanaan atau jadwal sehari-hari agar seluruh pekerjaan yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan seimbang sesuai dengan jatah waktu yang berlaku sama bagi setiap manusia sepanjang masa. Melakukan pekerjaan dengan baik, meluangkan waktu bersama keluarga bukan cuma kualitas tapi kuantitas, memenuhi panggilan sebagai murid Kristus seperti yang diperintahkan dalam Amanat Agung. Semua itu akan sulit berhasil kalau kita tidak pintar-pintar memanajemen waktu.

Masing-masing dari kita tentu tahu apa yang harus kita lakukan dan bagaimana metode yang terbaik untuk memanajemen waktu ini. At least we have to remember that time management is something important for us to do. Setidaknya kita harus menyadari pentingnya manajemen waktu ini dalam hidup kita. Pesan akan pentingnya memanajemen waktu pun berlaku bagi saya, karena saya masih sering kesulitan untuk membagi waktu ditengah tumpukan kesibukan baik pekerjaan, keluarga dan pelayanan. Agar semua bisa sukses, mari kita belajar mengatur pembagian waktunya sebaik mungkin. Mari kita sama-sama melakukannya.

Rentang dan kecepatan waktunya sama, yang membedakan adalah seberapa bijaksana kita memanajemen waktu

Follow us on twitter: http://twitter.com/dailyrho

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker