Monday, October 21, 2013

Three Kingdoms (1)

webmaster | 10:00:00 PM |

Ayat bacaan: 1 Petrus 3:15
==================
"Tetapi kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan!"

Salah satu literatur sastra dunia yang paling mengagumkan berasal dari daratan Cina, berjudul Romance of the Three Kingdoms. Karya epik terkenal ini selain dalam bentuk novel juga sudah dihadirkan dalam banyak bentuk lainnya seperti film dan game. Romance of the Three Kingdoms ditulis oleh Luo Guanzhong pada abad ke 14, mengisahkan tiga negara bagian/kerajaan pada masa-masa menjelang kejatuhan Dinasti Han sekitar tahun 169 sampai kepada penyatuan daratan Cina di tahun 280 sesudah Masehi. Novel ini sangat luar biasa karena memiliki ratusan tokoh dan sub-plot yang sangat banyak. Ada intrik, skandal, perang, politik dan sebagainya disana sehingga novel historis tebal ini begitu menarik untuk dibaca.

Tiga kerajaan yang saling bertikai untuk menjadi pemenang digambarkan secara detail oleh Luo Guanzhong. Sadarkah anda bahwa dalam hidup kita pun ada tiga kerajaan yang bisa berkuasa atas diri setiap kita? Kerajaan-kerajaan itu adalah the kingdom of myself (kerajaan diri sendiri), the kingdom of evil (kerajaan iblis) dan the kingdom of God (Kerajaan Tuhan).

Seringkali kita terlalu mudah menganggap bahwa iblis sebagai biang kerok segala kesengsaraan di muka bumi ini. Itu tidak sepenuhnya salah, karena iblis memang selalu berusaha menjauhkan kita dari keselamatan, terus mencoba menjerumuskan kita ke dalam berbagai bentuk dosa. Peringatan jelas disampaikan pada kita bahwa "...Lawanmu, si Iblis, berjalan keliling sama seperti singa yang mengaum-aum dan mencari orang yang dapat ditelannya." (1 Petrus 5:8). Iblis akan selalu mencoba memporak-porandakan tatanan kehidupan, pemikiran dan perasaan kita ketika ada celah baginya untuk masuk. Bagaimana jika tidak ada celah? Maka iblis sebenarnya tidak akan bisa menelan kita. Tidak ada satupun yang bisa dibuat iblis apabila kita tidak memberinya kesempatan untuk mempermainkan kita. Anda bahkan seharusnya tidak perlu takut untuk berada di tempat yang kata orang angker karena Roh Allah yang ada di dalam anda lebih besar dari semua lainnya (1 Yohanes 4:4).

Jika demikian masalahnya adalah ketidakwaspadaan atau kelengahan kita mengawasi hidup sehingga ada celah-celah yang baik disadari atau tidak bisa muncul. Disanalah iblis akan mencoba menyerang kita. Oleh karena itulah saya mengangkat tiga bentuk kerajaan dan bukan dua. Satu lagi, selain kerajaan iblis dan Kerajaan Allah adalah kerajaan diri sendiri. Orang yang didalamnya berkuasa kerajaan diri sendiri (the kingdom of myself) akan menganggap dirinya sebagai raja diatas segala raja. Keputusan-keputusannya absolut, mutlak, pendapatnya tidak ada yang boleh menyanggah. Mereka akan mementingkan dirinya sendiri jauh di atas orang lain dan tidak akan segan-segan merugikan atau bahkan menghancurkan orang lain jika itu menyangkut kepentingannya. Tidak ada kebenaran Tuhan yang bisa masuk ke dalam pemahaman mereka karena mereka menganggap dirinyalah yang paling benar. Sifat ke-akuan begitu tinggi sehingga untuk bisa diterima oleh mereka, tidak ada jalan lain selain kita mutlak patuh kepada mereka dan setuju terhadap apapun yang mereka katakan. Inilah bentuk orang yang didalamnya berkuasa kerajaan diri sendiri. Kerajaan diri sendiri ini sangatlah berbahaya karena mereka yang berada di dalamnya bisa terjebak pada pemikiran-pemikiran yang keliru sehingga mudah tersesat. Pemikiran-pemikiran mereka hanyalah bersumber dari apa yang mereka anggap benar dan logika mereka biasanya mudah menolak atau menyanggah kebenaran firman Tuhan. Apakah lewat logika, tingkat keilmuan mereka yang tinggi, kepintaran atau kejeniusan mereka. Pendek kata, jika itu tidak sesuai dengan pendapatnya, maka semua itu pasti salah. Tidak jarang pula mereka ini akan terlebih dahulu menyanggah meski dalam hati mereka tahu itu benar, hanya karena ego mereka menolak untuk menerima. Merasa diri paling hebat, paling kuasa dan merasa orang lain hanya sebagai suruhan atau alat yang bisa diperintah untuk memenuhi kebutuhan mereka atau menjalankan keputusan mereka. Kerajaan ini bisa diperalat oleh iblis untuk melakukan banyak hal kejahatan sekaligus lahan bermain yang sangat menyenangkan bagi si jahat untuk terus menyesatkan orang yang mengadopsi kerajaan ini dalam hidup sehingga semakin jauh dari kebenaran dan akhirnya binasa.

Orang yang didalamnya berkuasa kerajaan iblis (kingdom of evil> akan terus hidup dalam berbagai dosa. Mereka menikmati benar dosa-dosa dan berbuat kejahatan tanpa rasa bersalah. Hati nurani tertutup dan berbagai pelanggaran dianggap wajar. Mereka ini bahkan sanggup bersikap kejam terhadap orang lain dan akan selalu berusaha menyesatkan. Perhatikan bahwa Efesus 6 sudah mengatakan tentang struktur kerajaan iblis ini. "karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara." (Efesus 6:12). Kerajaan iblis tampil mulai dari pemerintah tertingginya hingga jajaran dibawahnya sampai ke penghulu-penghulu. Itulah yang harus kita waspadai, karena bentuk-bentuk terkecil yang bisa luput dari perhatian kita justru bisa menjadi penghancur utama. Kerajaan yang tidak kelihatan (the unseen world) ini berisi banyak tipu muslihat yang membawa dampak kerusakan parah pada manusia. Kita sering kali memperhatikan kondisi tubuh dan jiwa, tetapi manusia juga dibangun atas roh, yang akan menjadi titik serang paling rawan. Perjuangan melawan kuasa si jahat akan terus berlangsung. Oleh karenanya sangatlah penting untuk mengetahui strategi dan prinsip-prinsip iblis untuk memenangkan pertarungan.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker