Saturday, January 6, 2024

Persistence in Prayer (4)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Lalu bagaimana dengan doa? Apakah kita sadar bahwa dalam berdoa pun dibutuhkan keseriusan, kesungguhan dan ketekunan, kegigihan yang tidak jemu-jemu seperti contoh-contoh di atas? Banyak orang yang berdoa hanya selintas saja, ala kadarnya. Cuma karena dirasa sebagai keharusan, cuma faktor kebiasaan, atau ada pula yang menjadikannya sekadar salah satu alternatif saja untuk bisa memperoleh apa yang diinginkan. Dijawab syukur, tidak dijawab ya sudah, cari alternatif lain. Saat butuh sesuatu lantas mencoba berdoa sebentar saja, tapi kalau tidak langsung dikabulkan langsung kecewa dan menganggap Tuhan tidak peduli, tidak sayang atau bahkan segera meragukan FirmanNya atau juga eksistensiNya.

Bagi mereka ini, doa dianggap sebagai sarana meminta-minta, dan menganggap bahwa Tuhan wajib mengabulkan sesuai apa yang mereka mau, dalam waktu yang mereka mau pula. Kalau tidak maka Tuhan dipersalahkan.

Selain itu ada juga orang yang mengira bahwa doa berulang-ulang itu buang waktu, waste of time. Bukankah Tuhan menyelidiki hati kita dan tahu segala sesuatu yang ada disana? Bukankah tanpa diminta pun Tuhan tahu apa yang kita butuhkan? Benar. Tuhan mengerti kita lebih dari kita mengenal diri sendiri. Tapi itu bukan berarti bahwa kita tidak perlu lagi berdoa. Dan hal ini diingatkan langsung oleh Yesus sendiri.

Yesus menyampaikan tentang hal ini melalui sebuah perumpamaan yang dicatat dalam Injil Lukas 18:1-8. Perikop ini dimulai dengan: "Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu." (Lukas 18:1).

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker