Thursday, January 4, 2024

Persistence in Prayer (2)

webmaster | 9:00:00 PM |

 (sambungan)

Pada pertengahan tahun 1700 an saat Benjamin Franklin menemukan bahwa listrik memiliki elemen positif dan negatif dimana listrik mengalir diantara kedua elemen ini. Ia juga percaya bahwa petir juga merupakan bentuk dari aliran listrik yang mengalir di antara elemen positif dan negatif. Lalu ia pun melakukan eksperimen yang sangat terkenal dengan menggunakan layangan. Ia menerbangkan layangan di saat badai petir, dimana ia mengikatkan sebuah kunci dari besi pada layangan tersebut. Maka petir kemudian menyengat besi di layangan dan mengalirkan listrik pada benang. Untung saja ia tidak sampai celaka. Tapi percobaan nekadnya membuktikan bahwa petir memang merupakan listrik yang mengalir dari antara dua elemen tersebut.

Lantas, sebelum masa Benjamin Franklin, ada nama-nama yang lebih jarang disebut sepertii William Gilbert dan Thomas Browne yang pernah meneliti listrik, bahkan diklaim sebagai ilmuwan pertama yang menggunakan istilah 'electricity'. Mereka pun tentu punya kontribusi penting dalam sejarah penemuan listrik.

Sekitar 1 abad setelah Franklin, ada nama besar yaitu Thomas Alva Edision yang menemukan bola lampu, berkatnya dunia pun menjadi terang benderang.

Coba bayangkan seandainya Benjamin Franklin, William Gilbert, Thomas Browne dan Thomas Alva Edison tidak gigih dalam melakukan penelitian mereka. Bayangkan kalau mereka adalah tipe orang yang cepat bosan dan menyerah. Bayangkan kalau mereka seperti orang di jamansekarang yang sukanya buru-buru ingin hasil instan dan tidak lagi percaya pada proses.  Jangan-jangan kita masih pakai lilin sampai sekarang dan tidak ada yang namanya televisi, kulkas, laptop, gadget dan benda-benda elektronik lainnya yang jelas sangat membantu kita, bahkan banyak diantara kita yang tidak lagi bisa hidup tanpa semua itu.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker