Sunday, January 14, 2024

Intimidasi (1)

webmaster | 9:00:00 PM |

 Ayat bacaan: 1 Samuel 17:16
======================
"Selama 40 hari Goliat orang Filistin itu keluar dari kemahnya setiap pagi dan petang dan berdiri menghadap tentara Israel dan mengejek mereka." (vMD-Versi Mudah Dibaca)


Seperti yang sudah pernah saya sampaikan, sejak awal saya terus berusaha menanamkan rasa percaya diri putri saya. Cara saya melakukannya adalah dengan memberi pujian saat ia melakukan sesuatu yang baik, mengucapkan terima kasih ketika ia memberi sesuatu atau sudah berbuat hal baik, tidak menegur kasar kalau dia salah tapi menegur secara baik-baik disertai alasan kenapa ia ditegur, dan terus memotivasinya baik dalam kegigihan, kreatifitas dan terlebih kekuatan mentalnya. Saya juga meminta maaf kalau saya salah. Itu akan membuatnya terbiasa untuk meminta maaf kalau salah, dan membuatnya tahu bahwa kalau salah maka mengakui kesalahan dan minta maaf adalah jauh lebih baik ketimbang mencari pembenaran atau membela diri.

Apakah saya terlalu lembut? Percayalah, tidak. Ada kalanya saat ia harus dihukum dengan berdiri di pojok selama 1 sampai 3 menit kalau yang ia lakukan sudah pantas untuk itu. Yang tak kalah penting, saya pun sejak dini terus mengenali karakter, sifat dan kepribadiannya supaya saya tahu bagaimana cara terbaik untuk menghadapinya. Hal ini saya anggap sangat penting karena saya terus bertemu dengan orang-orang dengan gambar diri yang rusak. Mereka ini biasanya sulit maju karena tidak punya mental yang cukup kuat untuk itu. Baik dari sisi percaya diri, respon saat menghadapi sesuatu maupun keputusan-keputusan yang mereka ambil.

Ada begitu banyak psikolog di luar sana yang terus memberikan do and don't dalam hal membesarkan anak. Tidak salah memang, hanya saja yang kerap dilupakan adalah bahwa hal yang paling mendasar sebelum do or don't justru mengenali kepribadian si anak dan kita menyesuaikan cara mendidik sesuai dengan kepribadian atau karakternya. Itu wajib supaya kita tidak sampai salah orbit karena mengikuti secara buta apa yang dianjurkan tanpa menyesuaikan dengan karakter anak-anak kita. Apalagi kalau mengikuti secara baku buku-buku dari luar, yang secara kultural tidak sama dengan kita.

Mendidik anak dari sisi psikis mereka itu sangatlah penting, karena dunia yang akan mereka jalani ke depan ini tidaklah mudah. Akan selalu banyak tekanan, ancaman, gangguan, beban maupun bentuk-bentuk intimidasi, yang kalau mereka tidak siap, bisa membuat mereka tidak maksimal dalam menjalani hidup. Saya sadar waktu saya untuk bersamanya terbatas. Apalagi saya baru dikaruniai putri saya saat saya tidak lagi muda. Jadi saya harus memanfaatkan waktu semaksimal mungkin ditengah segala kesibukan saya agar jangan sampai terlambat. Dan pendidikan itu dimulai dari keluarga.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker