Tuesday, January 16, 2024

Intimidasi (3)

webmaster | 9:00:00 PM |
(sambungan)

Masalahnya, sejak kecil anak-anak sudah harus berhadapan dengan bentuk-bentuk intimidasi. Ada yang mendapatkannya dari orang-orang sekitar bahkan tidak jarang dari orang tua atau kakak-kakaknya, atau yang paling sering dari bentuk bullying teman-teman sekolah. Itulah sebabnya saya harus benar-benar mempersiapkan mental anak saya sejak sangat dini. Dia tidak boleh rapuh, tidak boleh mudah mengalami keruntuhan mental jika diejek, direndahkan hingga berbagai bentuk intimidasi. Saya tidak akan bisa 100% memproteksinya dari orang-orang bersikap intimidatif dan bullying, jadi satu-satunya cara adalah mendidiknya agar 'tahan banting' dan tidak mudah goyah. That's something important for me, as it is very important for her.

Sekarang mari kita kembali pada saat Goliat melakukan teror mental terhadap prajurit Israel. Dan, mari kita lihat bagaimana sosok Goliat pada saat itu agar lebih mudah dibayangkan.

Goliat adalah raksasa, tinggi besar dengan persenjataan dan alat pelindung lengkap. Dalam 1 Samuel 17 sosok fisik dan penampilan Goliat dicatat dengan sangat detail.
- Tingginya sekitar 3 meter.
- Ia pakai helm tembaga, baju pelindung dada bersisik dengan berat hampir 60 kilogram.
- Kakinya dilindungi penutup juga dari tembaga, dan ia membawa tombak panjang  yang dililit di bahunya.
- Gagang tombaknya besar, mata tombaknya yang tajam sekitar 7 kilogram beratnya.
- Didepannya ada prajurit yang berjalan membawa perisainya. (ay 4-7).

Itu gambaran lengkap yang bisa membuat kita mudah membayangkan seperti apa penampakan Goliat waktu itu. Bentuknya saja sudah intimidatif, ditambah perlengkapannya, lengkap sudah.  Maka jelas Goliat itu tampak mustahil untuk dikalahkan oleh manusia berukuran normal seperti kita, terutama prajurit Israel pada masa itu. Tidaklah mengherankan kalau mereka takut menghadapi Goliat ditambah pasukannya.

(bersambung)

No comments :

Search

Bagi Berkat?

Jika anda terbeban untuk turut memberkati pengunjung RHO, anda bisa mengirimkan renungan ataupun kesaksian yang tentunya berasal dari pengalaman anda sendiri, silahkan kirim email ke: rho_blog[at]yahoo[dot]com

Bahan yang dikirim akan diseleksi oleh tim RHO dan yang terpilih akan dimuat. Tuhan Yesus memberkati.

Renungan Archive

Jesus Followers

Stats

eXTReMe Tracker